Upaya Pasangan Suami Istri Generasi Sandwich dalam Mewujudkan Keluarga Sakinah (Studi Kasus Desa Sumbergondo Kecamatan Glenmore Kabupaten Banyuwangi)

Arfani, Syahrul (2024) Upaya Pasangan Suami Istri Generasi Sandwich dalam Mewujudkan Keluarga Sakinah (Studi Kasus Desa Sumbergondo Kecamatan Glenmore Kabupaten Banyuwangi). Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text (SK-001-HK-2024)
Skripsi Syahrul Arfani .pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (15MB)

Abstract

Syahrul Arfani, 2024, upaya pasangan suami istri generasi sandwich dalam mewujudkan keluarga sakinah (Studi Kasus Desa Sumbergondo Kecamatan Glenmore Kabupaten Banyuwangi).
Kata Kunci: Keluarga Sakinah, Generasi sandiwch.

Pernikahan adalah ikatan lahir batin antar seorang pria dengan seorang wanita sebagai suami istri dengan tujuan membentuk keluarga (rumah tangga) yang bahagia dan kekal menurut Ketuhanan Yang Maha Esa, Sesudah keluarga tercipta, anggota keluarga yang terdapat di dalamnya mempunyai tugas masing-masing. Suami bertugas menafkahi anggota keluarganya. Istri bertugas selaku ibu rumah tangga, mengurus kondisi rumah serta anak-anak, Di sisi lain terdapat suami istri yang dibenturkan dengan keadaan dimana harus menghidupi keluarga yang lebih tua sekaligus merawat anak yang disebut dengan generasi sandwich.
Adapaun masalah yang diteliti yaitu 1) bagaimana pandangan pasangan generasi sandwich terhadap konsep keluarga sakinah, 2) upaya suami istri generasi sandwich dalam mewujudkan keluarga sakinah.
Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) untuk mengetahui pandangan pasangan generasi sandwich terhadap konsep keluarga sakinah, 2) untuk mengetahui upaya suami istri generasi sandwich dalam mewujudkan keluarga sakinah.
Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian field research dengan lokasi penelitian pada pasangan suami istri generasi di desa Sumbergondo Kecamatan Glenmore Kabupaten Banyuwangi. Data primer dalam penelitian ini diperoleh dari informan atau narasumber yang merupakan pasangan suami istri generasi sandwich yang berada di daerah desa Sumbergondo Kecamatan Glenmore Kabupaten Banyuwangi, serta menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi kepada empat pasangan generasi sandwich.
Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa 1) pandangan pasangan suami istri generasi sandwich di desa Sumbergondo, Kecamatan Glenmore Kabupaten Banyuwangi tentang konsep keluarga sakinah ialah keluarga yang disertai rasa ketenangan, ketentraman, berlandaskan dengan keimanan, serta diliputi rasa kasih sayang, tidak membeda-bedakan antar anggota keluarganya, serta dapat menjalin hubungan baik dengan lingkungannya. 2) upaya dalam mewujudkan keluarga sakinah pada pasangan suami istri generasi sandwich di desa Sumergondo sangat beragam diantaranya ialah sikap saling mengerti antar pasangan, menjalin komunikasi yang baik antar anggota keluarga termasuk dalam penyelesaian masalah, mengingat terdapat perbedaan antar generasi, menumbuhkan rasa cinta kasih, menanamkan sikap jujur pada semua keluarga, menjadikan iman sebagai landasan pernikahan, saling menjaga perasaan, saling membantu dan melengkapi terkait mengelola rumah tangga dan pola asuh kepada anak serta orang tua, tidak membeda-bedakan antar anggota keluarga, selelu menyempatkan meluangkan waktu untuk keluarga dan beranggapan bahwasanya merawat orang tua bukan sebagai beban, melainkan bentuk berbakti terhadap orang tua.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180113 Family Law
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga
Depositing User: Syahrul Syahrul Arfani
Date Deposited: 02 Jul 2024 02:27
Last Modified: 02 Jul 2024 02:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35047

Actions (login required)

View Item View Item