Analisis Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik Pada Pembelajaran Biologi Materi Komponen Dan Interaksi Ekosistem Kelas X Di MA Darus Sholah Jember

Hasanah, Susi Faheliyatul (2024) Analisis Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik Pada Pembelajaran Biologi Materi Komponen Dan Interaksi Ekosistem Kelas X Di MA Darus Sholah Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-012-TADRIS-BIO-2024)
Susi Faheliyatul_PRIN BENDEL-1.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Susi Faheliyatul Hasanah, 2024 : Analisis Kemampuan Literasi Sains Peserta
Didik Pada Pembelajaran Biologi Materi Komponen dan Interaksi Ekosistem
Kelas X di MA Darus Sholah Jember.
Kata Kunci: Literasi Sains, Komponen dan Interaksi Ekosistem
Pembelajaran abad 21 yaitu peserta didik dituntut untuk memiliki
pengetahuan dan keterampilan yang kompleks seperti kemampuan memecahkan
masalah, berfikir kritis dan kemampuan berkomunikasi. Kemampuan literasi sains
sangat dibutuhkan untuk bersaing secara global. Karena tidak semua sekolah
menerapkan literasi sains dan kemampuan literasi sains peserta didik khususnya
kelas X di MA Darus Sholah Jember pada pembelajaran biologi materi komponen
dan interaksi ekosistem belum diadakan evaluasi dari pihak sekolah. Oleh karena
itu, penting untuk mengkaji lebih dalam tentang kemampuan literasi sains dan
faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan literasi sains peserta didik.
Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana
kemampuan literasi sains peserta didik pada pembelajaran biologi materi
komponen dan interaksi ekosistem kelas X di MA Darus Sholah Jember?, 2) Apa
saja faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan literasi sains peserta didik
pada pembelajaran biologi materi komponen dan interaksi ekosistem kelas X di
MA Darus Sholah Jember?.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Adapun Lokasi
penelitian yang dipilih yakni MA Darus Sholah Jember. Subjek penelitian yaitu
guru biologi dan peserta didik kelas X MA Darus Sholah Jember. Teknik
pengumpulan data penelitian ini menggukan tes, angket, wawancara, dan
dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah model Miles dan Huberman.
Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan
triangulasi teknik.
Berdasarkan hasil penelitian ini didapatkan 1) Kemampuan literasi sains
peserta didik berdasarkan tiga aspek (konteks, kompetensi, dan pengetahuan) pada
pembelajaran biologi materi komponen dan interaksi ekosistem dari hasil tes
kemampuan literasi sains memperoleh rata-rata 48,76 yang termasuk kedalam
kategori “sangat rendah” dan kemampuan literasi sains peserta didik berdasarkan
aspek sikap dari hasil angket memperoleh rata-rata 45,32 termasuk kedalam
kategori “sangat rendah”. 2) Faktor yang mempengaruhi kemampuan literasi sains
peserta didik diantaranya faktor internal yaitu kurangnya minat belajar peserta
didik, kurangnya motivasi belajar peserta didik dan kebiasaan belajar peserta
didik yang kurang baik ketika pembelajaran biologi. Sedangkan faktor eksternal
yaitu model dan metode yang diterapkan guru kurang beragam, sarana dan
prasarana disekolah kurang memadai dalam proses pembelajaran, dan dukungan
orang tua yang masih kurang mendukung serta kurang memotivasi dalam proses
belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0602 Ecology > 060203 Ecological Physiology
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Susi Susi Faheliyatul Hasanah
Date Deposited: 02 Jul 2024 06:39
Last Modified: 02 Jul 2024 06:39
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35068

Actions (login required)

View Item View Item