Manajemen Program Bina Prestasi Persemester Dalam Mengembangkan Prestasi Siswa Di Madrasah Tsanawiyah Zainul Hasan Balung - Jember

Durriyah, Kawakibud (2024) Manajemen Program Bina Prestasi Persemester Dalam Mengembangkan Prestasi Siswa Di Madrasah Tsanawiyah Zainul Hasan Balung - Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-062-MPI-2024)
SKRIPSI KAWAKIBUD DURRIYAH- (1).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Kawakibud Durriyah, 2024: Manajemen Program Bina Prestasi dalam Mengembangkan Prestasi Siswa di MTs Zainul Hasan Balung.
Kata kunci : Manajemen Program Bina Prestasi, Mengembangkan Prestasi Siswa

Program Bina Prestasi merupakan program lembaga pendidikan yang bertujuan untuk pengembangan prestasi siswa dalam bidang akademik maupun non akademik. Program ini di adakan untuk mendukung bakat dan minat siswa. Siswa dan siswi di bina sesuai peminatannya, yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja dalam mencapai prestasi optimal. Program ini dirancang dengan pengembangan strategi, pelaksanaan program spesifik, dan evaluasi terus-menerus untuk memastikan pencapaian tujuan sesuai dengan target yang diharapkan.
Fokus Penelitian dalam Skripsi ini adalah : 1) Bagaimana Perencanaan Program Bina Prestasi Persemester dalam Mengembangkan Prestasi Siswa Di MTS Zainul Hasan Balung -Jember ? 2) Bagaimana Pelaksanaan Program Bina Prestasi Persemester dalam Mengembangkan Prestasi Siswa Di MTS Zainul Hasan Balung -Jember ? 3) Bagaimana Evaluasi Program Bina Prestasi Persemester dalam Mengembangkan Prestasi Siswa Di MTS Zainul Hasan Balung -Jember ?
Penelitian ini bertujuan : 1) Mendeskripsikan Perencanaan program bina prestasi dalam mengembangkan prestasi siswa di MTs Zainul Hasan Balung. 2) Mendeskripsikan Pelaksanaan program bina prestasi dalam mengembangkan prestasi siswa di MTs Zainul Hasan Balung 3) Mendeskripsikan Evaluasi program bina prestasi dalam mengembangkan prestasi siswa di MTs Zainul Hasan Balung
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian field research (penelitian lapangan). Pada penelitian kualitatif ini peneliti ingin mendeskripsikan hasil temuan yang didapat dalam penelitian. Teknik penelitian ini menggunakan Pra observasi, Observasi, wawancara, dan dokumentasi. analisis data menggunakan teori dari Miles Huberman dan Saldana yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik dan Triangulasi Waktu.
Hasil penelitian ini adalah Program Bina Prestasi di MTs Zainul Hasan Balung melibatkan perencanaan menyeluruh Setiap PerSemester. Pelaksanaannya meliputi rekrutmen siswa berdasarkan potensi dan bakat, penjadwalan pembinaan rutin, sosialisasi antar pembina, jam pembinaan intensif, serta didukung oleh sarana dan prasarana yang memadai. Siswa juga aktif diikutsertakan dalam lomba offline dan online untuk mengevaluasi prestasi mereka. Evaluasi dilakukan oleh Pengelola Program Bina Prestasi meliputi pencapaian siswa, partisipasi serta minat siswa terhadap program, kualitas pembina dan pelatihan tambahan, serta evaluasi terhadap sarana dan prasarana seperti fasilitas fisik, ketersediaan peralatan, dan sumber daya relevan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Durriyah Kawakibud Durriyah
Date Deposited: 02 Jul 2024 03:17
Last Modified: 02 Jul 2024 03:17
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35088

Actions (login required)

View Item View Item