Peran Usaha UMKM Batik Tulis "Canteng Koneng" Dalam Meningkatkan Perekonomian Di Desa Pangarangan Kabupaten Sumenep

Maria Ulfa, Novianty (2024) Peran Usaha UMKM Batik Tulis "Canteng Koneng" Dalam Meningkatkan Perekonomian Di Desa Pangarangan Kabupaten Sumenep. Undergraduate thesis, UIN K.H Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI MARIA ULFA NOVIANTY 1 ACC_.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Maria Ulfa Novianty, Nurul Setianingrum, 2024 : Peran Usaha Batik Tulis Canteng Koneng Dalam Meningkatkan Perekonomian Di Desa Pangarangan Kabupaten Sumenep
Kata Kunci : Peran, Usaha Batik, Peningkatan Perekonomian
Batik pertama kali terkenal di daerah Jawa, khususnya di lingkungan kerajaan Yogyakarta dan Surakarta. Seiring berjalannya waktu budaya membatik kini menyebar luas di seluruh Nusantara. Salah satunya yang memiliki kerajinan budaya batik saat ini adalah Madura, yaitu di Kabupaten Sumenep yang merpakan warisan budaya dari Keraton Sumenep.
Fokus masalah dalam penelitian skripsi ini adalah : (1) Bagaimana peran usaha kerajinan batik tulis canteng koneng dalam meningkatkan perekonomian di Kabupaten Sumenep. (2) Apa dampak usaha kerajinan batik tulis canteng koneng dalam meningkatkan perekonomian di Kabupaten Sumenep.
Tujuan penelitian (1) Untuk mengentahui peran usaha kerajinan batik tulis canteng koneng dalam meningkatkan perekonomian di Kabupaten Sumenep. (2) Untuk menetahui dampak usaha kerajinan batik tulis canteng koneng dalam meningkatkan perekonomian di Kabupaten Sumenep.
Penelitian dalam skripsi ini menggunakan metode pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian lapangan (field research). Lokasi penelitian dilakukan di industry batik tulis Canteng Koneng Desa Pangarangan Kabupaten Sumenep. Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Sedangkan untuk memeriksa keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini adalah : (1) Upaya yang dilakukan oleh usaha batik tulis Canteng Koneng dalam meningkatkan ekonomi yaitu dapat meningkatkan ekonomi masyarakat yakni melalui pemberdayaan usaha yang dilakukan dengan penunjangan usaha, menjaga komunikasi dan pelayanan yang baik. Sedangkan perluasan sekmen pasar batik yang dilakukan untuk meningkatkan usahanya dapat dilakukan dengan cara pemasaran, perbaikan kualitas produk, pembinaan keterampilan mengenai batik kepada karyawan, dan manajemen usaha. (2) Dampak usaha batik tulis Canteng Koneng terhadap perekonomian Desa Pangarangan Kabupaten Sumenep, dapat disimpulkan bahwa usaha ini efektif dalam meningkatkan perekonomian dan mengatasi masalah pengangguran serta kemiskinan dengan menyerap tenaga kerja lokal. Hal ini tercapai melalui penciptaan lapangan kerja baru, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan mendorong pembangunan ekonomi yang berkelanjutan. Melalui keterlibatan masyarakat dalam produksi batik tulis, terjadi peningkatan produksi, jumlah tenaga kerja, dan omset penjualan. Upaya ini tidak hanya meningkatkan pendapatan, tetapi juga meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan memenuhi kebutuhan hidup baik jasmani maupun rohani. Dengan demikian, usaha batik tulis Canteng Koneng membawa dampak positif bagi perekonomian dan kesejahteraan masyarakat Desa Pangarangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150314 Small Business Management
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1508 Other1503 Commerce, Management, Tourism and Services
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: maria ulfa novianty
Date Deposited: 02 Jul 2024 02:44
Last Modified: 02 Jul 2024 02:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35092

Actions (login required)

View Item View Item