Hadis- Hadis Nusyuz dan Kontekstualisasinya Dalam Kopmpilasi Hukum Islam

Aroqi, Idris (2024) Hadis- Hadis Nusyuz dan Kontekstualisasinya Dalam Kopmpilasi Hukum Islam. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Idris Aroqi_U20172020.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Dalam semua kondisi dan situasi, hukum Islam membutuhkan fleksibilitas dan kemampuan beradaptasi. Hal ini mengandung arti bahwa hukum Islam harus dapat memenuhi semua tuntutan hukum masyarakat setiap saat. Hukum Islam yang dinamis selalu selaras dengan perubahan zaman, tidak peduli di mana pun dan dalam keadaan apa pun. Dapat disimpulkan bahwa perubahan falsafah hukum Islam dan segala bentuk perbedaan pendapat itu sesuai dengan perubahan waktu, tempat, keadaan, dan kebutuhan. Ayat nusyuz yang dituduh memaafkan pemukulan istri sebagai konsekuensi masyarakat patriarki membutuhkan reinterpretasi dalam kaitannya dengan struktur sosial dan perundang-undangan nasional.
Fokus Penelitian ini : 1) Bagaimana konsep nusyuz perspektif hadits ?. 2) Bagaimana kontekstualisasi hadis nusyuz dalam perspektif Kompilasi Hukum Islam ?. Tujuan Penelitian ini : 1) Mendeskripsikan konsep nusyuz perspektif hadits. 2) Mendeskripsikan konseptualisasi hadis nusyuz dalam perspektif Kompilasi Hukum Islam.
Metode penelitian yang digunakan penelitian kepustakaan, berfokus pada pencarian dan penelitian yang berhubungan dengan pokok bahasan dengan menggunakan bahan primer dan sekunder dengan jenis penelitian bersifat deskriptif. Sumber Data yang digunakan adalah Sumber data primer dan sekunder. Teknik Pengumpulan Data Pendekatan dokumentasi digunakan oleh penulis penelitian ini untuk mengumpulkan data. Metode ini melibatkan pengumpulan informasi dari berbagai publikasi, termasuk buku, teks agama, kamus, dan makalah lain yang membahas dan menggambarkan subjek penelitian. kombinasi informasi dari sumber primer dan sekunder. Sifat penelitian analisis deskriptif, maka penulis menggunakan pendekatan induktif untuk mengkaji data secara kualitatif.
Hasil Penelitian : 1) Nusyuz berkaitan dengan kedurhakaan seorang istri, sehingga berdampak pada hukuman yang dapat menjerakan istri, seperti dipukul, pisah ranjang, tidak dinafkahi. 2) Kontekstualisasi hadits nusyuz ialah adanya hak yang sama antara suami dan istri, sehingga kedua belah pihak memiliki hak yang sama dalam menggugat cerai.
Kata kunci : Nusyuz, Kontekstualisasi, KHI

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Ilmu Hadits
Depositing User: Mr. Idris Aroqi
Date Deposited: 04 Jul 2024 02:45
Last Modified: 04 Jul 2024 02:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35108

Actions (login required)

View Item View Item