Peran guru Al-Qur'an Hadist dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur'an pada siswa Madrasah Tsanawiyah Fathus Salafi Ajung Jember

Hidayah, Leni Nur (2024) Peran guru Al-Qur'an Hadist dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur'an pada siswa Madrasah Tsanawiyah Fathus Salafi Ajung Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-096-PAI-2024)
LENI_NUR_HIDAYAH_NIM.T20181183[1].pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Leni Nur Hidayah, 2024: Peran Guru Al-Qur’an Hadist Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al- Qur’an Pada Siswa MTs Fathus Salafi Ajung Jember

Kata Kunci: Peran Guru, Kesulitan Membaca Al-Qur’an

Peran seorang guru Al-Qur’an Hadits sangat penting dalam proses pembelajaran karena hal tersebut menjadi bagian terpenting untuk kesuksesan pembelajaran, dimana seorang guru Al-Qur’an Hadits tidak hanya sebatas menyampaikan materi pembelajaran namun mampu membimbing, mengarahkan, menilai, serta memberi solusi bagi siswa yang memiliki masalah ataupun hambatan dalam proses pembelajaran. Hal tersebut dikarenakan tidak semua siswa yang berada di Madrasah memiliki karakteristik dan tingkat pemahaman yang sama khususnya dalam membaca Al-Qur’an.
Fokus dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana peran guru Al-Qur’an Hadist sebagai pengajar dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an pada siswa MTs Fathus Salafi Ajung Jember? 2) Bagaimana peran guru Al-Qur’an Hadist sebagai pembimbing dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an pada siswa MTs Fathus Salafi Ajung Jember? 3) Bagaimana peran guru Al-Qur’an Hadist sebagai motivator dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an pada siswa MTs Fathus Salafi Ajung Jember?
Tujuan dalam penelitian ini yaitu: 1) Untuk mendeskripsikan peran guru Al-Qur’an Hadist sebagai pengajar dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an pada siswa MTs Fathus Salafi Ajung Jember 2) Untuk mendeskripsikan peran guru Al-Qur’an Hadist sebagai pembimbing dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an pada siswa MTs Fathus Salafi Ajung Jember 3) Untuk mendeskripsikan peran guru Al-Qur’an Hadist sebagai motivator dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an pada siswa MTs Fathus Salafi Ajung Jember
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian Field Research. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model Miles Huberman dan Saldana yang terdiri dari kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Peran Guru Al-Qur’an Hadist sebagai pengajar dalam mengatasi kesulitan dalam membaca Al-Qur’an yaitu: a) Menyampaikan materi terkait hukum bacaan Al-Qur’an yang benar b) Mengajarkan cara membaca Al-Qur’an yang benar c) Mencontohkan cara membaca Al-Qur’an yang benar. 2) Peran Guru Al-Qur’an Hadist sebagai pembimbing dalam mengatasi kesulitan dalam membaca Al-Qur’an yaitu: a) Menjelaskan materi terkait hukum bacaan ilmu tajwid dalam membaca Al-Qur’an b) Membimbing siswa dengan cara dipanggil satu persatu/ individu c) Mencari contoh hukum bacaan tajwid. 3) Peran Guru Al-Qur’an Hadist sebagai motivator dalam mengatasi kesulitan dalam membaca Al-Qur’an yaitu: a) Menciptakan suasana kelas yang nyaman b) Memberikan reward dan pujian atas keberhasilannya c) Memberikan nasehat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Leni Nur Hidayah
Date Deposited: 02 Jul 2024 02:35
Last Modified: 02 Jul 2024 02:36
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35110

Actions (login required)

View Item View Item