Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran IPA pada Materi Klasifikasi Mahkluk Hidup Kelas VII di SMPN 1 Rambipuji

Farida, Luluk (2024) Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran IPA pada Materi Klasifikasi Mahkluk Hidup Kelas VII di SMPN 1 Rambipuji. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-032-IPA-2024)
LULUK FARIDA_201101100020.wtm.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Luluk Farida, 2024: Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran IPA
pada Materi Klasifikasi Mahkluk Hidup Kelas VII di SMPN 1 Rambipuji

Kata Kunci: Implementasi, Pembelajaran IPA, Kurikulum merdeka

Kurikulum merupakan suatu alat yang digunakan dalam pengajaran dan pengarahan kegiatan pendidikan pada segala jenis dan tingkatan. Kurikulum Merdeka merupakan sebuah sistem kurikulum yang menitikberatkan pada pembelajaran yang beragam di dalam kurikulum itu sendiri, dimana isi kurikulum tersebut akan disusun secara optimal agar siswa memiliki waktu yang cukup untuk memahami konsep dan memperkuat kompetensinya. Guru diberikan kebebasan untuk memilih berbagai alat pembelajaran sehingga pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan minat belajar siswa. Dalam pelaksanaan kurikulum merdeka, fokus diberikan pada pencapaian kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang terpadu dengan nilai-nilai Pancasila yang dimiliki oleh siswa.
Fokus penelitian ini meliputi: Bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi kurikulum Merdeka pada Pembelajaran IPA kelas VII di SMP Negeri 1 Rambipuji. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi kurikulum Merdeka pada Pembelajaran IPA kelas VII di SMP Negeri 1 Rambipuji.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian Kualitatif deskriptif. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitiani ini, adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penentuan informan dipilih sesuai kriteria dari topik penelitian. Analisis data yang digunakan model Miles dan Huberman meliputi: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk pengujian keabsahan data peneliti menggunkan triangulasi metode dan sumber.
Hasil penelitian ini adalah Kurikulum adalah 1) Perencanaan kurikulum merdeka pada pembelajaran IPA Kelas VII di SMP Negeri 1 Rambipuji yaitu yang dilakukan oleh guru menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran berupa modul ajar, Guru merancang modul ajar yang berasal dari analisis CP dan ATP 2) Pelaksanaan kurikulum merdeka pada pembelajaran IPA Kelas VII di SMP Negeri 1 Rambipuji yaitu Pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi yang dilakukan oleh guru berjalan sesuai dengan modul terbuka yang disusun oleh guru. Terdapat tiga tahapan dalam pembelajaran ini yaitu kegiatan pembuka, kegiatan inti, dan kegiatan penutup 3) Dalam kerangka kurikulum merdeka, evaluasi pembelajaran menggunakan dua pendekatan, yaitu assessment formatif dan sumatif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Ms Luluk Farida
Date Deposited: 02 Jul 2024 03:46
Last Modified: 02 Jul 2024 03:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35116

Actions (login required)

View Item View Item