Manajemen Pemasaran Pendidikan Dalam Menarik Minat Masyarakat di Madrasah Aliyah Darul Hikmah Koncer Kidul Bondowoso Tahun Pelajaran 2023-2024

Muttaqin, Moh. Zammilul (2024) Manajemen Pemasaran Pendidikan Dalam Menarik Minat Masyarakat di Madrasah Aliyah Darul Hikmah Koncer Kidul Bondowoso Tahun Pelajaran 2023-2024. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-044-MPI-2024)
Moh. Zammilul Muttaqin T20173096.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Moh. Zammilul Muttaqin 2024 “Manajemen Pemasaran Pendidikan Madrasah
Aliyah Darul Hikmah Koncer Kidul Bondowoso Dalam Menarik Minat
Masyarakat Tahun Pelajaran 2023-2024
Kata Kunci: Manajemen, Pemasaran, Pendidikan
Dalam dunia pendidikan pasti akan mengalami permasalahan yang
semakin kompleks, maka dari itulah diperlukan keintelejenan untuk penataannya.
Untuk menata secara intelejen diperlukanlah personal atau figur sebagai ujung
tombak pelaksanaan manajemen yang ada di lembaga tersebut. Dan hal ini perlu
di kedepankan untuk menjawab tantangan dunia globalisasi pada saat ini.
Manajemen pemasasaran di lembaga pendidikan islam mutlak diperlukan, karena
manajemen pemasaran merupakan salah satu sarana atau alat untuk memajukan
lembaga tak terkecuali di Madrasah Aliyah Darul Hikmah Koncer Kidul.
Adapun fokus penelitian dari penelitian ini yaitu: 1. Bagaimana proses
manajemen pemasaran lembaga pendidikan dalam menarik minat masyarakat di
Madrasah Aliyah Darul Hikmah Koncer Kidul Tahun Pelajaran 2023-2024 ?2.
Bagaimana strategi pemasaran lembaga pendidikan yang digunakan oleh
Madrasah Aliyah Darul Hikmah Koncer Kidul Tahun Pelajaran 2023-2024? 3.
Bagaimana faktor-faktor yang menghambat pelaksanaan pemasaran yang ada di
Madrasah Aliyah Darul Hikmah Koncer Kidul Tahun Pelajaran 2023-2024?
Tujuan penelitian ini 1. Untuk mendeskripsikan proses manajemen
pemasaran lembaga pendidikan dalam menarik minat masyarakat di Madrasah
Aliyah Darul Hikmah Koncer Kidul Tahun Pelajaran 2023-2024. 2.
Mendeskripsikan strategi pemasaran lembaga pendidikan yang digunakan oleh
Madrasah Aliyah Darul Hikmah Koncer Kidul Tahun Pelajaran 2023-2024. 3.
Mendeskripsikan faktor-faktor yang menghambat pelaksanaan pemasaran yang
ada di Madrasah Aliyah Darul Hikmah Koncer Kidul Tahun Pelajaran 2023-2024.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan metode
penelitian observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data diperoleh dari
Kepala Madrasah, Wakil Kepala Madrasah, dan Guru.
Hasil temuan yang diperoleh yaitu manajemen pemasaran lembaga
pendidikan di Madrasah Aliyah Darul Hikmah dimulai dari planning dan
actuating digolongkan menjadi satu yaitu dilakukan bersama dengan Yayasan
Pondok Pesantren Nurul Hasan sehingga nantinya akan ditentukan bagaimana
alternative promosi yang baik yang akan ditempuh dengan cara efektif dan efisien.
Kemudian strategi pemasaran lembaga yang digunakan yaitu dengan cara
berkomunikasi dengan para wali murid guna meminta bantuan agar ikut serta
mempromosikan sekolah dengan mengadakan rapat akhir tahun, mengikuti
lomba-lomba dibidang intra kurikuler dan ekstrakulikuler. Sedangkan faktor yang
menghambat terlaksananya manajemen pemasaran pada lembaga pendidikan MA
Darul Hikmah yaitu adanya kedekatan antar lembaga pendidikan MA lainnya di
daerah setempat yang sama-sama berada di bawah naungan pondok pesantren
yang berbeda, sehingga calon peserta didik daerah setempat terbagi menjadi 2
pilihan untuk melanjutkan sekolah di MA Darul Hikmah atau di lembaga MA
sebelah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Moh Zammilul Muttaqin Moh.Zammilul Muttaqin
Date Deposited: 02 Jul 2024 07:14
Last Modified: 08 Jul 2024 06:40
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35146

Actions (login required)

View Item View Item