Sejarah Penyebaran Agama kristen dan Respon Masyarakat Islam di Desa Bades Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang (1958-2003)

Azizah, Anifatul (2024) Sejarah Penyebaran Agama kristen dan Respon Masyarakat Islam di Desa Bades Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang (1958-2003). Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ANIFATUL AZIZAH_ 201104040009.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Anifatul Azizah. 2024. Sejarah Penyebaran Agama Kristen dan Respon Masyarakat Islam di Desa Bades Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang (1958-2003).
Bades merupakan desa dengan mayoritas masyarakatnya beragama Islam. Tentunya agama Islam bukan merupakan Agama satu-satunya yang ada di desa ini, Kristen adalah agama kedua yang sampai saat ini masih ada dan berkembang di desa Bades. Kristen yang ada di desa Bades ini di sebut dengan GKJW (Gereja Kristen Jawi Wetan). Keberadaan GKJW di tengah-tengah masyarakat Islam Bades merupakan wujud dari kerukunan umat beragama yang ada di Desa Bades. Kerukunan umat beragama ini tentunya satu hal yang harus tetap dijaga sampai kapanpun.
Fokus penelitian ini ada dua yakni: (1). Apa yang melatar belakangi sejarah masuknya agama Kristen di Desa Bades? (2). Bagaimana perkembangan agama Kristen di Desa Bades Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang tahun 1958-2003?. (3). Bagaimana Respon Masyarakat Islam terhadap umat Kristen di desa Bades?. Dengan adanya fokus penelitian yang sudah dipaparkan, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana sejarah masuk dan berkembangnya agama Kristen Desa Bades dan untuk mengetahui bagaimana respon masyarakat Islam terhadap umat Kristen di Desa Bades Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian sejarah. Dalam metode penelitian sejarah ini akan menyajikan beberapa tahapan yang meliputi pemilihan topik penelitian, pengumpulan sumber atau heuristik, verifikasi atau kritik sumber, interpretasi, dan historiografi atau penulisan suatu penelitian sejarah.
Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa sejarah masuk dan berkembangnya agama Kristen di Jawa Timur bermula dari pekabaran Injil yang dilakukan oleh Coolen dan Emde. setelah itu pekabaran Injil dilanjutkan oleh Brontodiwirjo yang membuka daerah baru di Lumajang yang sekarang ini di sebut dengan Desa Tunjungrejo pada tahun 1897. Perkembangan GKJW di Desa Tunjungrejo ini sampai di Desa Bades. Masuknya agama Kristen di Desa Bades bermula dari kedatangan Sumali Prawiro Sudirjo dari Madiun. Perkembangan GKJW Bades ini dapat diketahui dengan berdirinya bangunan gereja di tahun 1958 serta terbentuknya struktur gereja yang dalam hal ini dapat meningkatkan pelayanan peribadatan majelis jemaat GKJW. Respon penerimaan masyarakat Islam terhadap umat Kristen di Desa Bades dapat terlihat dari bagaimana masyarakatnya dapat hidup rukun berampingan, saling berkunjung di setiap perayaan keagamaan, serta saling menghormati dan menghargai antar umat beragama.
Kata-kata kunci: GKJW, Bades, Respon

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 21 HISTORY AND ARCHAEOLOGY > 2102 Curatorial and Related Studies > 210202 Heritage and Cultural Conservation
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Sejarah Peradaban Islam
Depositing User: Anifatul Azizah
Date Deposited: 02 Jul 2024 07:06
Last Modified: 02 Jul 2024 07:07
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35156

Actions (login required)

View Item View Item