FIRDAUSI, AZKA (2024) Pemberdayaan masyarakat melalui optimalisasi digital sistem marketing guna meningkatkan pendapatan sektor pariwisata di wisata ijen geopark bondowoso. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.
Text (SK-65-ES-2024)
AZKA FIRDAUSI_E20192005.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
Azka Firdausi, 2024: pemberdayaan masyarakat melalui optimalisasi digital
sistem marketing guna meningkatkan pendapatan sektor pariwisata di
wisata Ijen Geopark Bondowoso.
Kata Kunci: Pemberdayaan, Digital Sistem Marketing, Pariwisata
Perkembangan teknologi digital saat ini semakin pesat, perekembangan ini
ditandai dengan munculnya berbagai sistem digital seperti desa digital, ktp digital,
dan aplikasi wisata digital. Sistem digital hadir sebagai upaya pemberdayaan
ekonomi untuk membentuk masyarakat yang lebih inovatif. Pemberdayaan
masyarakat melalui optimalisasi digital marketing harus diperkuat dengan
pelatihan- pelatihan serta dukungan dari pemerintah untuk menghasilkan
kemandirian ekonomi sebagai upaya pemberdayaan dan membuka lapangan
pekerjaan melalui pengeloaan pariwisata utamanya di daerah wisata alam Ijen
Geopark Bondowoso.
Sesuai latar belakang di atas, maka peneliti mengfokuskan dengan lingkup
yaitu: 1. Bagaimana cara pemberdayaan masyarakat melalui optimalisasi digital
sistem marketing guna meningkatkan pendapatan sektor pariwisata di objek
wisata Ijen Geopark Bondowoso?. 2. Apa saja faktor pendukung dan penghambat
dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui sektor pariwisata di wisata Ijen
Geopark Bondowoso?.
Tujuan penelitan ini yaitu: 1. Untuk mengetahui cara mengoptimalkan
sistem digital marketing untuk meningkatkan pendapatan masyarakat dalam
sektor pariwisata di objek wisata Ijen Geopark Bondowoso. 2. Untuk mengetahui
faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pemberdayaan ekonomi
masyarakat melalui sektor pariwisata di wisata Ijen Geopark Bondowoso.
Penelitain ini memakai pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif. Untuk menentukan informan peneliti memakai teknik purposive.
Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, serta
dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini yaitu: 1. Peran digital sistem marketing dalam
upaya pemberdayaan ekonomi masyarakat dilihat dari kondisi geografis,
sinergisitas antar semua stake holder, pengupayaan dan harapan adanya aplikasi
wisata digital sebagai penunjang objek wisata. 2. Upaya pemerintah tingkat
bawah/desa melalui BUMDes terhadap pemberdayaan ekonomi masyarakat
berbasis pariwisata menggunakan beberapa tahapan diantaranya, perencanaan
pembangunan wisata, identifikasi dan kerjasama, pelaksanaan wisata, pelatihanpelatihan sumber daya manusia, pengawasan stabilitas wisata. Selian itu, dalam
upaya peningkatan wisata terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan
diantaranya adalah filosofi hidup bermasyarakat, pendidikan generasi muda, dan
penanaman kejujuran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140216 Tourism Economics |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Azka Firdausi |
Date Deposited: | 02 Jul 2024 03:46 |
Last Modified: | 02 Jul 2024 03:46 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35157 |
Actions (login required)
View Item |