Pengaruh service ultimate dan operasional excellent terhadap loyalitas nasabah di bank syariah Indonesia (BSI) KCP Karimata Jember

Nurmalasari, Vemia ika (2024) Pengaruh service ultimate dan operasional excellent terhadap loyalitas nasabah di bank syariah Indonesia (BSI) KCP Karimata Jember. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text (SK-056-PS-2024)
VEMIA IKA NURMALASARI_E20191149.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Vemia Ika Nurmalasari, Nur Alifah Fajariyah, 2024 : Pengaruh Service
Ultimate dan Operational Excellent Terhadap Loyalitas Nasabah di Bank Syariah
Indonesia (BSI) KCP Karimata Jember.
Kata kunci : Service ultimate, operational excellent dan loyalitas nasabah.
Persaingan perbankan di Indonesia baik bank konvensional ataupun bank
syariah mengalami kemajuan yang pesat. Sehingga perlu adanya sebuah strategi
agar bank bisa tetap eksis, lebih unggul dan bertahan. Menafsirkan hal tersebut,
strategi yang dapat dilakukan oleh Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP Karimata
Jember ialah menekankan dalam hal memberikan pelayanan yakni seperti adanya
service ultimate dan operational excellent untuk memberikan pelayanan
terbaiknya.
Rumusan masalah yang diteliti dalam skripsi ini yaitu (1) Bagaimana
pengaruh service ultimate terhadap loyalitas nasabah di Bank Syariah Indonesia
(BSI) KCP Karimata Jember? (2) Bagaimana pengaruh operational excellent
terhadap loyalitas nasabah di Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP Karimata
Jember? (3) Bagaimana pengaruh service ultimate dan operational excellent
secara bersama-sama terhadap loyalitas nasabah di Bank Syariah Indonesia (BSI)
KCP Karimata Jember?.
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh service
ultimate terhadap loyalitas nasabah di Bank Syariah Indonesia KCP Karimata
Jember. (2) Untuk mengetahui pengaruh operational excellent terhadap loyalitas
nasabah di Bank Syariah Indonesia KCP Karimata Jember. (3) Untuk mengetahui
pengaruh service ultimate dan operational excellent secara bersama-sama
terhadap loyalitas nasabah di Bank Syariah Indonesia KCP Karimata Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis penelitian field
research (penelitian lapangan). Populasi dan sampel penelitian ini yaitu kepada
nasabah di Bank Syariah Indonesia dengan menyebarkan kuesioner sebanyak 106
responden dengan teknik simple random sampling. Alat analisa data berupa uji
validitas, uji reabilitas, uji asumsi klasik dan analisis regresi linear berganda, uji
hipotesis dan uji koefisien determinasi (R2
) dengan bantuan SPSS Statistics Versi
23.
Hasil penelitian berdasarkan uji t menunjukkan nilai t hitung dan t tabel
pada variabel service ultimate (X1) sebesar 2,998 > 1,983 dan variabel operational
excellent (X2) sebesar 2,131 > 1,983. Berdasarkan hasil uji f menunjukkan nilai f
hitung dan f tabel sebesar 7,697 > 3,08. Dapat disimpulkan bahwa, 1) secara
parsial service ultimate berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah, 2)
Secara parsial operational excellent berpengaruh signifikan terhadap loyalitas
nasabah, 3) secara simultan(bersamaan) service ultimate dan operational excellent
berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1508 Other1503 Commerce, Management, Tourism and Services > 159999 Commerce, Management, Tourism and Services not elsewhere classified
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1508 Other1503 Commerce, Management, Tourism and Services
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Vemia Ika Nurmalasari
Date Deposited: 02 Jul 2024 03:51
Last Modified: 02 Jul 2024 03:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35169

Actions (login required)

View Item View Item