Hidayati, Khafidah Nur (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Dogabi Pada Materi Perubahan Lingkungan Untuk Siswa Kelas X Mipa Sma Nuris Jember Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Text (SK-015-TADRIS-BIO-2024)
KHAFIDAH NUR HIDAYATI_T20188041 WM.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (9MB) |
Abstract
ABSTRAK
Khafidah Nur Hidayati. 2024. Pengembangan Media Pembelajaran DOGABI Pada Materi Perubahan Lingkungan Untuk Siswa Kelas X MIPA SMA Nuris Jember Tahun Pelajaran 2023/2024
Kata Kunci: Media Pembelajaran, DOGABI, Perubahan Lingkungan.
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin maju, menjadikan guru memiliki peran yang sangat banyak dalam memberikan media pembelajaran yang lebih menarik dan interaktif. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru biologi kelas X MIPA di SMA Nuris Jember permasalahan yang dihadapi yaitu bahan ajar yang terbatas, seperti buku paket dan LKPD sehingga membuat siswa menjadi bosan dan motivasi belajar semakin menurun. Oleh karena itu perlu dikembangkannya suatu media pembelajaran yang menunjang permasalahan tersebut. Maka dikembangkan sebuah media pembelajaran Domino Game Biology (DOGABI) agar dapat memberikan pembelajaran kognitif yang baik, meningkatkan motivasi belajar serta siswa menjadi aktif.
Tujuan dari penelitian yaitu: 1) Mendeskripsikan kevalidan media pembelajaran Biologi Domino Game Biology (DOGABI) pada materi perubahan lingkungan untuk siswa kelas X MIPA SMA Nuris Jember tahun pelajaran 2023/2024. 2) Mendeskripsikan respon siswa terhadap media pembelajaran Domino Game Biology (DOGABI) pada materi perubahan lingkungan untuk siswa kelas X MIPA SMA Nuris Jember tahun pelajaran 2023/2024. 3) Mendeskripsikan keefektifan media pembelajaran biologi Domino Game Biology (DOGABI) pada materi perubahan lingkungan untuk siswa kelas X MIPA SMA Nuris Jember Tahun Pelajaran 2023/2024.
Jenis penelitian yang digunakan merupakan Research and Development dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilakukan di SMA Nuris Jember, instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah pedoman wawancara dan lembar angket. Dalam penelitian ini menggunakan 1 validator ahli materi, 1 validator ahli media, 1 validator ahli evaluasi dan 1 guru Biologi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Rata-rata hasil validasi para ahli dari ahli materi, ahli media, ahli evaluasi soal dan respon guru Biologi diperoleh nilai sebanyak 89,39% dikategorikan sangat valid. 2) Rata-rata hasil angket respon siswa diperoleh nilai sebanyak 83,2% dengan kriteria sangat baik. 3) Keefektifan produk berdasarkan Uji hasil T-Test diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dikategorikan efektif. Sedangkan berdasarkan Uji hasil N-Gain score diperoleh nilai signifikansi 0,93 > 0,7 dengan kategori sangat efektif. Dan hasil N-Gain persent diperoleh nilai signifikansi 93,57% dengan kategori efektif. Sehingga terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran Domino Game Biology (Dogabi) pada materi perubahan lingkungan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 05 ENVIRONMENTAL SCIENCES > 0501 Ecological Applications > 050101 Ecological Impacts of Climate Change 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069902 Global Change Biology 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | Khafidah Nur Hidayati |
Date Deposited: | 05 Jul 2024 02:57 |
Last Modified: | 05 Jul 2024 02:57 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35172 |
Actions (login required)
View Item |