Analisis Manajemen Risiko Kredit Dalam Mendukung Pengembangan Usaha Mikro Pada Permodalan Nasional Madani Unit Rambipuji

Ismawati, Ismawati (2024) Analisis Manajemen Risiko Kredit Dalam Mendukung Pengembangan Usaha Mikro Pada Permodalan Nasional Madani Unit Rambipuji. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-013-PS-2024)
ISMAWATI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

UMKM yang disebut mampu menyerap 97 % keseluruhan angkatan kerja, serta mampu menghimpun 60,4 % total investasi di Indonesia oleh kemenkeu memerlukan dukungan kuat dari pemerintah dalam proses pengembangannya, usaha mikro yang juga bagian dari UMKM saat ini tengah naik daun, usaha mikro merupakan jenis usaha yang memiliki skala kecil dengan modal terbatas, sedangkan dalam pengembangannya usaha mikro seringkali memerlukan akses ke kredit.
PNM berperan sebagai penyedia pembiayaan yang fokus memberikan modal kepada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), yang sejatinya didirikan sebagai wujud dari keseriusan pemerintah dalam mendorong, memajukan, dan menjaga perkembangan UMKM. PNM Unit Rambipuji menempati urutan ke 12 nasabah terbanyak se kabupaten Jember.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana penerapan manajemen risiko kredit pada Permodalan Nasional Madani unit Rambipuji? 2) Bagaimana langkah-langkah Permodalan Nasional Madani unit Rambipuji dalam mendukung pengembangan usaha mikro?
Tujuan penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan penerapan manajemen risiko kredit pada PNM unit Rambipuji, dan juga untuk mendeskripsikan langkah-langkah yang dilakukan Permodalan Nasional Madani unit Rambipuji dalam mendukung pengembangan usaha mikro.
Untuk mengidentifikasi masalah tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif berjenis deskriptif untuk mendapatkan pemahaman mendalam tentang penerapan manajemen risiko kredit pada PNM unit Rambipuji. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tahap analisis data menggunakan analisis deskriptif melalui 3 proses yakni: 1)Mengorganisasikan atau mengelompokkan data, 2) Mencari alternatif penjelasan data, 3)Menyusun laporan. Keabsahan data dilakukan menggunakan pendekatan triangulasi sumber.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) PNM Unit Rambipuji menerapkan proses manajemen risiko kredit yang komprehensif dan sistematis melalui serangkaian proses mulai dari identifikasi, pengukuran, pemantauan hingga pengendalian risiko. PNM juga melakukan analisis kredit berdasarkan pada kaidah 5C (Character, Capacity, Capital, Condition of Economy, dan Collateral). 2) PNM Unit Rambipuji aktif mendukung pengembangan usaha mikro dengan memberikan pinjaman dan pelatihan kepada nasabah. Strategi ini memungkinkan nasabah untuk menghadapi tantangan digitalisasi dan memperoleh akses ke modal serta pengetahuan yang diperlukan. PNM Unit Rambipuji berhasil mengelola risiko kredit secara efektif, memberikan kontribusi positif dalam pembangunan ekonomi wilayah Rambipuji.

Kata kunci : risiko kredit, pengembangan usaha mikro, permodalan nasional madani (PNM)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150205 Investment and Risk Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Isma Wati
Date Deposited: 02 Jul 2024 08:24
Last Modified: 02 Jul 2024 08:25
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35178

Actions (login required)

View Item View Item