Presbianti, Yolla Rizky (2024) Implementasi model Problem Based Learning pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas XI di SMKS Addimiyati Jenggawah Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.
Text (SK-118-PAI-2024)
YOLLA RIZKY PRESBIANTI 204101010046.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
Dalam pelaksanaan Kurikulum Merdeka memerlukan inovasi dalam
pelaksanaan pembelajaran. Termasuk Pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti perlu menerapkan inovasi. Inovasi pembelajaran PAI yang diterapkan di SMK Addimiyati Jenggawah yakni model Pembelajaran Problem Based
learning yang memiliki peranan penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PAI sebab untuk meningkatkan partisipasi siswa sehingga lebih aktif dan kritis.
Fokus dari penelitian ini adalah 1)Bagaimana perencanaan implementasi model Problem Based Learning pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas XI di SMK Addimiyati Jenggawah? 2) Bagaimana pelaksanaan implementasi model Problem Based Learning (pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas XI di SMK Addimiyati Jenggawah? 3) Bagaimana evaluasi perencanaan implementasi model Problem Based Learning pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas XI di SMK Addimiyati Jenggawah?. Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan
perencanaan implementasi model Problem Based Learning pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas XI di SMK Addimiyati Jenggawah, 2) Mendeskripsikan pelaksanaan implementasi model Problem Based Learning pada
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas XI di SMK Addimiyati Jenggawah 3) Mendeskripsikan evaluasi implementasi model Problem Based Learning pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas XI di SMK Addimiyati Jenggawah.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik penentuan subjek penelitian, yakni teknik purposive
dengan teknik pengumpulan data yakni: 1) observasi 2) wawancara 3) dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan model Milles, Huberman, dan
Saldana yaitu kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pada uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Hasil penelitian menujukkan bahwa: Hasil Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) Pada tahap perencanaan guru PAI menyusun rencana kerja dengan merancang langkah pembelajaran yang dicantumkan dalam modul ajar dan sesuai dengan sintaks model PBL 2) Pada tahap pelaksanan implementasi sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran di modul ajar dan sintaks PBL, yaitu: orientasi siswa pada masalah, pengorganisasian siswa, membimbing siswa dalam penyelidikan untuk merumuskan masalah, pengembangan dari penyelidikan, serta menganalisis dan mengevaluasi pemecahan masalah 3) Tahap evaluasi ini dapat diketahui guru PAI mengevaluasi proses dan kinerja siswa dan mengetahui adanya kendala yang dihadapi serta dampak yang dirasakan oleh guru PAI dan siswa kelas XI.
Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Yolla Rizky Presbianti |
Date Deposited: | 02 Jul 2024 07:05 |
Last Modified: | 02 Jul 2024 07:05 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35203 |
Actions (login required)
View Item |