Implementasi program kajian Ta'lim Muta'alim dalam membentuk karakter hormat menghormati Siswa Di MAN 3 Banyuwangi Tahun Ajaran 2023/2024

Azizah, Waffiq (2024) Implementasi program kajian Ta'lim Muta'alim dalam membentuk karakter hormat menghormati Siswa Di MAN 3 Banyuwangi Tahun Ajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-111-PAI-2024)
SKRIPSI WAFFIQ AZIZAH 201101010022.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Waffiq Azizah, 2024: Implementasi Program Kajian Ta’lim Muta’alim Dalam Membentuk Krakter Hormat Menghormati Siswa di MAN 3 Banyuwangi Tahun Ajaran 2023/2024

Kata Kunci: Implementasi Program Kajin Ta’lim Muta’alim dan Pembentukan Karakter Hormat Menghormati

Tentunya krisis karakter pada anak zaman sekarang memang menjadi perhatian serius bagi lembaga sekolah, termasuk MAN 3 Banyuwangi. Kurangnya perhatian dalam pembentukan karakter anak dapat memicu berbagai permasalahan, termasuk kejahatan di lingkungan sekolah. Solusi yang diambil oleh MAN 3 Banyuwangi dengan menerapkan budaya religius dan kajian ta’lim muta’alim bersama adalah langkah yang positif untuk membentuk karakter siswa secara holistik. Dengan demikian, diharapkan dapat mengurangi permasalahan kriminal dan meningkatkan moralitas di lingkungan sekolah.
Fokus pada penelitian ini sebagai berikut: pertama, Pelaksanaan implementaso program kajian ta’lim mjta’alim dalam membentuk karakter hormat menghormati siswa di MAN 3 Banyuwangi tahun ajaran 2023/2024. Kedua, Metode implememntasi program kajian ta’lim muta’alim dalam membentuk karakter hornat menghormati siswa di MAN 3 Banyuwangi tahun ajaran 2023/2024. Ketiga, Implikasi implementasi program kajian ta’lim muta’alim dalam membentuk karakter hormat menghormati siswa di MAN 3 Banyuwangi tahun ajaran 2023/2024.
Tujuan penelitian ini : Pertama, Mendiskripsikan impelemntasi program kajian ta’lim muta’alim dalam membentuk karakter hormat menghirmati siswa di siswa di MAN 3 Banyuwangi. Kedua, Mendiskripsiakan metode implementasi kajian ta’lim muta’alim dalam membentuk karakter hormat menghormati siswa di MAN 3 Banyuwangi. Ketiga, Mendiskripsikan implikasi dari impelemntasi program kajian Ta’lim muta’alim dalam membentuk karakter hormat menghormati siswa di MAN 3 Banyuwangi.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan studi lapangan. Teknik penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive sedangkan teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian, teknik analisa data penelitian ini menggunakan pengumpulan data, kondensasi data , penyajian data, dan verifikasi data atau penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Adapun hasil dari penilaian ini sebagai berikut: Pertama, implementasi program kajian ta’lim muta’alim dalam membentuk karakter hormat menghormati siswa MAN 3 Banyuwangi tahun ajaran 2023/2024 sebagai berikut: Waktu pelaksanaan disetiap 2 minggu sekali pada hari senin pagi, Pengontrolan dilakukan dan oleh sie keagamaan dan ditanggung jawab I oleh kepala sekolah, Pemilihan kajian ini menggunakan kitab ta’lim muta’alim dalam bentuk klasik yang disediakan pihak lembaga sekolah, Pengisi kajian ta’lim ini ditetapkan dari pihak guru yakni bapak Masrukin dan juga bapak Selamet, untuk sesekali mengundang ustad dari luar yakni room yai Bastomi kurang lebuh selama 3 bulan sekali. Kedua, Metode implementasi program kajian ta’alim dalam membentuk karakter hormat menghormati siswa MAN 3 Banyuwangi tahun ajaran 2023/2024 sebago berikut : Metode ceramah, Tanya jawab dan quis, Model halaqoh, Media cetak (kitab klasik ta’lim muta’alim) dan media audio (sound dan mic pengeras suara), Outdoor learning (pembelajaran diluar kelas). Ketiga, Implikasi program kajian ta’lim dalam membentuk karakter hormat menghornati siswa MAN 3 Banyuwangi tahun ajaran 2023/2024 sebagai berikut : Mengucapkan salam ketika bertemu guru, Sopan dan santun dalam berbicara, Mendengarkan saat guru menjelaskan pelajaran, Mematuhi perintah guru dan menjauhi larangan yang diberikan oleh guru, Belajar dengan tekun, Bertanggung jawab dan mampu mengakui kesalahan yang diperbuat, Selalu mengerjakan tugas guru yang diberikan dikelas

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Waffiq aAzizah Waffiq
Date Deposited: 02 Jul 2024 06:23
Last Modified: 09 Jul 2024 05:04
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35207

Actions (login required)

View Item View Item