Pengaruh penggunaan model pembelajaran direct instruction terhadap pemahaman konsep siswa kelas vii c pada mata pelajaran ips di SMP Negeri 4 Banyuwangi tahun pelajaran 2022/2023

Muchammad, Achmada (2024) Pengaruh penggunaan model pembelajaran direct instruction terhadap pemahaman konsep siswa kelas vii c pada mata pelajaran ips di SMP Negeri 4 Banyuwangi tahun pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-050-TADRIS-IPS-2024)
Achmada Muchammad_T20179001.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Achmada Muchammad 2024 : Pengaruh penggunaan model pembelajaran direct instruction terhadap pemahaman konsep siswa kelas vii c pada mata pelajaran ips di SMP Negeri 4 Banyuwangi tahun pelajaran 2022/2023.
Kata kunci: Direct Instruction; Pemahaman Konsep; Ilmu Pengetahuan Sosial
Dilihat dari muatannya materi pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial berisi mengenai fakta, konsep-konsep, generalisasi dan isu sosial yang membutuhkan banyak porsi dalam aspek pemahaman. Pemahaman konsep merupakan salah satu faktor kognitif yang penting dalam menentukan apakah peserta didik berhasil dalam melalui tahapan pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan kognitifnya ke level yang lebih tinggi. Oleh karena itu guru harus menggunakan model pembelajaran yang mampu memberikan pemahaman konsep yang tepat bagi siswa. Model pembelajaran direct instruction merupakan salah satu model pembelajaran yang telah terbukti mampu membantu siswa untuk memahami sebuah konsep secara perlahan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran direct instruction terhadap pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 4 Banyuwangi? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran direct instruction terhadap pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 4 Banyuwangi. Penelitian ini menggunakan metode Pre-Experimental dengan model One Group Pretest-Posttest design dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling berdasarkan keadaan permasalahan yang ditemui. Sampel yang dipilih yaitu kelas VII C. penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 4 Banyuwangi pada bulan Mei 2023. Untuk memperoleh data penelitian, peneliti menggunakan instrument berupa tes kemampuan pemahaman konsep yang digunakan untuk pretest guna mendapat gambaran awal tingkat kemampuan pemahaman konsep siswa kelas VII C dan posttest untuk mengetahui pengaruh treatment model pembelajaran direct instruction terhadap pemahaman konsep siswa kelas VII C. Kesimpulan ini didasarkan pada rata-rata posttest hasil tes kognitif pemahaman konsep lebih tinggi daripada rata-rata pretest dengan perbandingan 78,12 : 32,19. Skor N-Gain pada masing-masing indikator pemahaman konsep secara keseluruhan menunjukkan pemahaman konsep siswa kelas VII C mengalami peningkatan kognitif sebesar 0.68 dengan kriteria perningkatan sedang. Hasil pengujian hipotesis uji paired sample T-test dengan taraf signifikansi 5% adalah 0,000. Sehingga nilai Asymp. Sig 0.000 < 0,05, maka dinyatakan hipotesis alternative (Ha) diterima, dan hipotesis nihil (H0) ditolak atau terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Direct Instruction terhadap pemahaman konsep siswa kelas VII C pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 4 Banyuwangi Tahun Pelajaran 2022/2023

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: achmada ahmad muchammad
Date Deposited: 02 Jul 2024 08:16
Last Modified: 15 Jul 2024 02:11
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35208

Actions (login required)

View Item View Item