Implementasi pembiasaan Khulasoh dalam membentuk karakter disiplin siswa di pondok pesantren MTs Unggulan Al Qodiri 1 Jember

Masruroh, Intan Suci (2024) Implementasi pembiasaan Khulasoh dalam membentuk karakter disiplin siswa di pondok pesantren MTs Unggulan Al Qodiri 1 Jember. Undergraduate thesis, Universitas islam negeri Achmad kiai haji achmad siddiq jember.

[img] Text (SK-093-PAI-2024)
Skripsi Intan Suci watermark.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (14MB)

Abstract

Intan Suci Masruroh 2024 : “Implementasi Pembiasaan Khulasoh Dalam
Membentuk Karakter Disiplin Siswa Di Pondok Pesantren MTs Unggulan Al
Qodiri 1 Jember”
Kata Kunci : Pembiasaan, Karakter Disiplin
Dalam membentuk karakter disiplin siswa disesuaikan dengan kebutuhan
dan kondisi siswa di pondok pesantren MTs unggulan al qodiri 1 jember, siswa
masih kurang konsentrasi dan kurangnya minta dalam menggunakan bahasa arab
ketika berbicara, sedangkan di pondok pesantren MTs unggulan al qodiri 1 jember
diwajibkan menggunakan bahasa arab dalam kegiatan sehari-hari. Dengan
demikian MTs unggulan al qodiri 1 jember, menerapkan pembiasaan khulasoh
sebagai membentuk disiplin siswa.
Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi adalah : 1. Bagaimana
perencanaan pembiasaan khulasoh dalam membentuk karakter disiplin siswa di
pondok pesantren MTs unggulan al qodiri 1 jember? 2. Bagaimana keberhasilan
pembiasaan khulasoh dalam membentuk karakter disiplin siswa di pondok
pesantren MTs unggulan al qodiri 1 jember ?
Tujuan penelitian ini adalah : 1. Untuk mengetahui perencanaan
pembiasaan khulasoh dalam membentuk karakter disiplin siswa di pondok
pesantren MTs unggulan al qodiri 1 jember? 2. Untuk mengetahui keberhasilan
pembiasaan khulasoh dalam membentuk karakter disiplin siswa di pondok
pesantren MTs unggulan al qodiri 1 jember ?
Metode yang digunakan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif
deskriptif dengan jenis entografi atau lapangan (field research). Data
dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis
data menggunakan model interaktif Miles, Huberman, dan Johny Saldana yaitu
pengumpulan data (data collection), kondensasi data (data condetation),
penyajian data (data display) dan penarikan data (verifying conclusions). Uji
keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil dari penelitian yang ditemukan : 1) Perencanaan pembiasaan
khulasoh dalam membentuk karakter disiplin siswa yaitu, untuk mempermudah
siswa menggunkan kosa kata bahasa arab dan membaca kitab kuning, serta
dibentuk jadwal pemimpin pembacaan khulasoh dan dibentuk jadwal petugas
penjaga khulasoh, sehingga mencakup aspek disiplin waktu, disiplin aturan dan
disiplin sikap. 2) Keberhasilan pembiasaan khulasoh dalam membentuk karakter
disiplin siswa yaitu, dapat bertanggung jawab, saling membantu, berpartisipasi
aktif, presatasi siswa dan kerjasama sekolah, orang tua dan pondok pesantren.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Intan Suci Masruroh
Date Deposited: 02 Jul 2024 07:18
Last Modified: 08 Jul 2024 08:02
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35220

Actions (login required)

View Item View Item