Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Sekolah Menengah Pertama Negeri 7 Jember

Moch. Irsyad, Prasetyo Hadi (2024) Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Sekolah Menengah Pertama Negeri 7 Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-142-PAI-2024)
T20181248_MOCH._IRSYAD_PRASETYO_HADI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Moch. Irsyad Prasetyo Hadi, 2024. Pemanfaatan
Kata Kunci: Lingkungan Sebagai Sumber Belajar, Pembelajaran Pendidikan
Agama Islam dan Budi Pekerti, Sekolah Menengah Pertama Negeri
7 Jember.
Pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar sangatlah penting bagi peserta didik, terutama lingkungan sosial, lingkungan alam dan lingkungan buatan. Karena ketiga lingkungan tersebut sama-sama berperan aktif dalam suatu pembelajaran. Dengan memanfaatkan lingkungan ini, peserta didik dapat mendapatkan suatu pengalaman baik berupa pengetahuan, sikap dan keterampilan dalam lingkungan belajarnya.
Berdasarkan latar belakang tersebut, maka fokus penelitian dalam penelitian yaitu: (1) Bagaimana pemanfaatan lingkungan sosial sebagai sumber belajar dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMPN 7 Jember?, (2) Bagaimana pemanfaatan lingkungan alam sebagai sumber belajar dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMPN 7 Jember?, Bagaimana pemanfaatan lingkungan buatan sebagai sumber belajar dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMPN 7 Jember?.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pemanfaatan lingkungan sosial, alam dan buatan sebagai sumber belajar dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMPN 7 Jember.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan pemilihan subyek ini menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Model analisis data yang digunakan adalah Model Miles dan Huberman. Langkah-langkahnya meliputi: kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan datanya menggunakan kredibilitas data yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini adalah (1) pemanfaatan lingkungan sosial dalam pembelajaran PAI dan BP dilakukan dengan mengajak siswa untuk memberikan zakat fitrah kepada orang-orang yang ada di lingkungan sekitar sekolah, (2) pemanfaatan lingkungan alam dalam pembelajaran PAI dan BP dilakukan dengan memanfaatkan sumber daya alam yang ada di sekitar sekolah, seperti taman, halaman dan hewan yang dipelihara di sekolah, (3) pemanfaatan lingkungan sosial dalam pembelajaran PAI dan BP dilakukan dengan memanfaatkan musholla sebagai sumber belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130302 Comparative and Cross-Cultural Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Moch Irsyad Prasetyo
Date Deposited: 03 Jul 2024 03:42
Last Modified: 15 Jul 2024 08:09
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35238

Actions (login required)

View Item View Item