Implementasi Manajemen Peserta Didik Dalam Penyelenggaraan Program Kelas Bina Prestasi Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1

Akfil Husnus, Shofi (2021) Implementasi Manajemen Peserta Didik Dalam Penyelenggaraan Program Kelas Bina Prestasi Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Majamen Pendidikan Islam.

[img] Text
Akfil Husnus Shofi_T20173047.pdf

Download (14MB)

Abstract

Akfil Husnus Shofi, 2021, Implementasi Manajemen Peserta Didik Dalam Penyelenggaraan Program Kelas Bina Prestasi Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Jember Kata Kunci: Manajamen Peserta Didik, Kelas Bina Prestasi Peserta didik merupakan peserta yang di didik atau orang yang menuntut ilmu dengan mengikuti sejumlah kegiatan pendidikan pada suatu lembaga pendidikan, kegiatan yang dilaksanakan serta ditetapkan oleh lembaga akan memerlukan manajemen untuk mengaturnya, manajemen diterapkan untuk pendayagunaan segenap potensi peserta didik dalam kegiatan pendidikan, agar peserta didik dapat berkembang. Seperti halnya program kelas bina prestasi merupakan salah satu wadah atau tempat yang diatur agar dapat mendayagunakan potensi peserta didik dibidang akademik. Penelitian skripsi ini berfokus pada: 1) Implementasi Manajemen Perencanaan Peserta Didik Dalam Penyelenggaraaan Program Kelas Bina Prestasi Di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 1 Jember, 2) Implementasi Manajemen Pembinaan/ Pelaksanaan Peserta Didik Dalam Penyelenggaraan Program Kelas Bina Prestasi Di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 1 Jember, 3) Implementasi Manajemen Evaluasi Peserta Didik Dalam Penyelenggaraaan Program Kelas Bina Prestasi Di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 1 Jember Tujuan penelitian ini dijabarkan menjadi tiga tujuan, yaitu: 1) Untuk Mendeskripsikan Implementasi Manajemen Perencanaan Peserta Didik Dalam Penyelenggaraaan Program Kelas Bina Prestasi Di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 1 Jember, 2)Untuk Mendeskripsikan Implementasi Manajemen Pembinaan/ Pelaksanaan Peserta Didik Dalam Penyelenggaraan Program Kelas Bina Prestasi Di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 1 Jember, 3)Untuk Mendeskripsikan Implementasi Manajemen Evaluasi Peserta Didik Dalam Penyelenggaraaan Program Kelas Bina Prestasi Di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 1 Jember Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research), dalam rangka memperoleh data yang dibutuhkan, peneliti menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi. Peneliti menganalisis data dengan kondensasi data, penyajian data dan kesimpulan Penelitian ini memiliki kesimpulan: 1) Perencanaan Peserta Didik Dalam Penyelenggaraaan Program Kelas Bina Prestasi Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Jember mencakup analisis kebutuhan, merekrut peserta didik, seleksi peserta didik, orientasi peserta didik, penempatan peserta didik, pencatatan dan pelaporan peserta didik, 2) Manajemen Pembinaan/ Pelaksanaan Peserta Didik Dalam Penyelenggaraan Program Kelas Bina Prestasi dapat terlihat pada jam tambahan disore hari yang terlaksana pada hari senin sampai kamis, 3)Manajemen Evaluasi Peserta Didik Dalam Penyelenggaraaan Program Kelas Bina Prestasi berupa program remidial dan program pengayaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad fredi afan
Date Deposited: 24 Mar 2022 03:50
Last Modified: 24 Mar 2022 03:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3524

Actions (login required)

View Item View Item