Analisis manajemen risiko dalam pengelolaan dana Zakat di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Jember

Munawwaroh, Sofiatul (2024) Analisis manajemen risiko dalam pengelolaan dana Zakat di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-004-ZAWA-2024)
Sofiatul Munawwaroh 201105040003.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Sofiatul Munawwaroh, Dr. Nikmatul Masruroh, S.H.I., M.E.I., 2024: Analisis Manajemen Risiko dalam Pengelolaan Dana Zakat di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Jember

Kata Kunci: Manajemen Risiko, Pengelolaan Zakat, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Jember

Pengelolaan dana zakat di lembaga filantropi Islam, seperti LAZ dan BAZ, membutuhkan akuntabilitas untuk menjaga kepercayaan muzakki. Penting bagi lembaga-lembaga ini untuk menjadi sistematis, transparan, dan akuntabel untuk memastikan penanganan dana zakat yang tepat. Analisis manajemen risiko memainkan peran penting dalam proses ini, yang mencakup pengumpulan, pengelolaan, dan pendistribusian dana zakat.
Fokus penelitian yang diteliti oleh penulis dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana pengelolaan dana zakat di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Jember? 2)Bagaimana risiko pengelolaan dana zakat di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Jember? 3)Bagaimana manajemen risiko dalam pengelolaan dana zakat di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Jember?.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk menganalisis pengelolaan dana zakat di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Jember. 2) Untuk mengidentifikasi risiko pengelolaan dana Zakat di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Jember. 3) Untuk menganalisis manajemen risiko dalam pengelolaan dana zakat di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Jember.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian dilakukan di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Jember. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau kesimpulan. Adapun keabsahan data diperoleh dengan teknik triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) Pengelolaan zakat di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Jember melakukan beberapa kegiatan yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. 2) Risiko pengelolaan dana zakat teridenfikasikan tiga risiko meliputi risiko reputasi dan kehilangan muzakki, risiko penyaluran dana zakat dan risiko operasional, sedangkan risiko transfer antar negara tidak teridentifikasi. 3) Manajemen risiko pada pengelolaan dana zakat di BAZNAS Jember dibagi menjadi tiga tahapan meliputi: identifikasi risiko, analisis risiko dan pengelolaan risiko (memperkecil risiko, mengontrol risiko dan pendanaan risiko).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1508 Other1503 Commerce, Management, Tourism and Services > 159999 Commerce, Management, Tourism and Services not elsewhere classified
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Ms Sofiatul Munawwaroh
Date Deposited: 02 Jul 2024 07:51
Last Modified: 10 Jul 2024 02:08
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35251

Actions (login required)

View Item View Item