Upaya guru kelas dalam meningkatkan minat baca peserta didik Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Nurussalam Wonoasri Tempurejo Jember Tahun Pelajaran 2023/2024

Sholekhah, Siti Imro'atus (2024) Upaya guru kelas dalam meningkatkan minat baca peserta didik Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Nurussalam Wonoasri Tempurejo Jember Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-045-PGMI-2024)
SKRIPSI Siti Imro’atus Sholekhah 2024.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Siti Imro’atus Sholehah: “Upaya Guru dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas IV MI Nurussalam Wonoasri Tempurejo Jember”

Kata kunci : Upaya guru, Minat baca MI Nurussalam Wonoasri
Dalam Belajar mengajar guru berfungsi sebagai pemeran utama pada proses Pendidikan secara keseluruhan di Lembaga formal. Proses belajar mengajar merupakan suatu proses yang mengandung serangkaian aktivitas guru dan peserta didik atas dasar hubungan timbal baik yang berlangsung dalam situasi edukatif untuk mencapai tujuan tertentu. Upaya dijelaskan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah usaha dan ikhtiar. Membaca merupakan kegiatan memperoleh informasi, memperoleh ilmu dan pengetauan serta pengalaman-pengalaman baru. Dengan demikian, membaca menjadi unsur yang penting bagi perkembangan pengetahuan manusia, yang baik ditanamkan pada peserta didik sejak dini. Oleh karena itu, sebagai guru harus bisa mengupayakan agar minat baca peserta didik pada buku bisa tinggi. Upaya tersebut dilakukan agar generasi muda penerus bangsa ini bisa memiliki ilmu yang berguna bagi diri sendiri dan bagi orang lain.
Minat baca merupakan kecenderungan jiwa yang mendorong seseorang berbuat sesuatu. Minat baca menurut Rahim dalam artikelnya merupakan membaca adalah keinginan yang kuat disertai usaha-usaha seseorang yang membaca. Orang yang mempunyai minat membaca yang kuat akan diwujudkannya dalam kesediaannya untuk mendapat bahan bacaan dan kemudian membacanya atas kesadaran sendiri.Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Upaya Guru dalam meningkatkan minat baca siswa kelas IV MI nurussalam Wonoasri Tempurejo Jember ? 2) Apa faktor pendukung dan factor penghambat upaya guru dalam mmeningkatkan minat baca siswa kelas IV MI Nurussalam Wonoasri Tempurejo Jember ? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan Upaya Guru dalam meningkatkan minat baca siswa kelas IV MI nurussalam Wonoasri Tempurejo Jember. 2) Mendeskripsikan faktor pendukung dan factor penghambat upaya guru dalam mmeningkatkan minat baca siswa kelas IV MI Nurussalam Wonoasri Tempurejo Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data lapangan model Miles dan Hubermen. Meliputi 1) pengumpulan data, 2) reduksi data, 3) penyajian data, dan 4) penarikan kesimpulan. Metode validasi data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknis.
Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Upaya guru dalam meningkatkan minat baca siswa kelas IV MI Nurussalam tergambarkan dalam beberapa kegiaitan aktif siswa, diantaranya membaca bersama dikelas atau dimadrasah, adanya program kegiatan literasi madrasah, adanya reward atau hadiah, siswa aktif menulis dan membaca bacaan dari media sosial. 2) Faktor pendukung adalah kegiatan yang menunjang terlaksananya kegiatan membaca, antara lain: (a) lingkungan madrasah, berupa adanya buku buku yang beraneka ragam. (b) adanya reward dan hadiah. (c) minat membaca siswa; Faktor penghambat upaya guru dalam meningkatkan minat baca siswa, berupa faktor internal dan faktor eksternal, yang internal berupa dari motivasi peserta didik yang masih rendah, kurangnya minat membaca buku, antara lain faktor eksternal yaitu, sarana prasarana yang masih belum lengkap, derasnya arus teknologi seperti handphone, dan kurangnya dorongan orag tua saat pemanfaatan waku kosong, sehingga mejadi faktor penghambat dalam meningkatkan minat baca siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Siti Imro'atus Sholekhah
Date Deposited: 02 Jul 2024 07:02
Last Modified: 09 Jul 2024 06:22
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35253

Actions (login required)

View Item View Item