Analisis prinsip syariah dalam mewujudkan Good Corporate Governance pada CV. Adeeva Group Jember

Romadoni, Siti Amalia Riski (2024) Analisis prinsip syariah dalam mewujudkan Good Corporate Governance pada CV. Adeeva Group Jember. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text (SK-048-AKSYA-2024)
Siti Amalia Riski R_E20173031 DIGILIB.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Siti Amalia Riski Romadoni, Nur Ika Mauliyah, S.E., M.Ak 2024: Analisis Prinsip Syariah Dalam Mewujudkan Good Corporate Governance Pada CV. Adeeva Group Jember.

Kata kunci : Analisis prinsip syariah, good corporate governance.

Bisnis yang dijalankan dengan governance akan lebih memungkinkan untuk tetap berkelanjutan atau berlangsung dengan baik. Keberlangsungan bisnis sangat penting untuk tetap dijaga, karena dapat menjanjikan dalam memberikan kemafaatan bagi semua pihak yang berkepentingan termasuk lingkungan sekitar. Oleh karena itu, syariat islam mendukung dengan adanya bisnis yang baik karena memberikan kemanfaatan bagi banyak pihak dan lingkungan sekitar.
Adapun fokus masalah yang akan menjadi fokus penelitian pada skripsi ini ada dua (1). Bagaimana penerapan konsep good corporate governance dengan menggunakan pendekatan prinsip syariah. (2). Bagaimana mengetahui Langkah-langkah penerapan good corporate governance dalam mewujudkan CV. Adeeva Group Jember.
Adapun tujuan dari pada penelitian memiliki dua (1). Untuk menganalisis penerapan konsep good corporate governance dengan menggunakan pendekatan prinsip syariah (2). Untuk menganalisis langlah-langkah good corporate governance dalam mewujudkan pada CV. Adeeva Group Jember.
Pada penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian kualitatif yang berdasarkan pada konsep pendekatan fenominologi atau yang disebut lapangan. Pendekat ini merupakan salah satu konsep peneltian kualitatif yang memiliki kegiatan yang turun langsung kepada pemilik usaha sebagai objek penelitian yang ada di lapangan, yang berakar pada filosofi dan fisikologi dan berfakus pada pengalaman hidup manusia (sosiologi).
Dalam penelitian ini dapat disimpulkan atas dasar prinsip syariah proses-proses yang dilakukan oleh CV. Adeeva Group, sudah sesuai dengan konsep syariah tersebut. Yaitu prinsip halalan thoiyiban. Inilah yang menjadi dasar atau acuan pada perusahaan ini dengan menjalankan roda perekonomian local untuk mencapai good corporate governance, supaya dalam peningkatan daya saing dalam pasar ekonomi terus memberikan manfaat dan kenyamanan bagi masyarakat. Akan tetap CV. Adeeva Group, masih pada tahapan dan belum sepenuhnya menjalankan konsep good corporate governance, dalam proses managemennya masih kurang maksimal digunakan sehingga ini yang menjadi evaluasi kedepan dan konsep keterbukaan, transparan, kejujuran dan independen perusahaan kurang dilakukan dengan baik. Berdasarkan hasil wawancara oleh penulis dalam pernyataanya informan, masih ada tahapan-tahapan yang harus dikembangkan kedepan dari segi pelayanan dan informasi kepada masyarakat sekitar masih kurang dan memberikan edukasi tentang pengembangan ekonomi yang berbasis syariah. Hal ini menjadi catatat pengelola untuk tetap bisa bersaing dalam pengembangan ekonomi kedepan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0803 Computer Software > 080302 Computer System Architecture
14 ECONOMICS > 1403 Econometrics > 140302 Econometric and Statistical Methods
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Siti Amalia Riski Romadoni
Date Deposited: 03 Jul 2024 06:07
Last Modified: 03 Jul 2024 06:09
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35265

Actions (login required)

View Item View Item