Pengaruh Label Merek, Kualitas Produk, dan Harga Terhadap Minat Beli Barang Thrifting Pada Online Thrift Shop: Studi Kasus Pada Akun Instagram @belibajuuyuk

Wahyuni, Neli (2024) Pengaruh Label Merek, Kualitas Produk, dan Harga Terhadap Minat Beli Barang Thrifting Pada Online Thrift Shop: Studi Kasus Pada Akun Instagram @belibajuuyuk. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-062-ES-2024)
(FINAL) Skripsi Neli Wahyuni.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Dewasa ini, membeli pakaian thrift menjadi hal yang umum bahkan beralih sebagai ajang hobi dan memiliki tren tersendiri di kalangan para pecinta fashion. Berdasarkan data BPS, menunjukkan bahwa daya beli masyarakat terhadap barang bekas impor bekas terbilang masih tinggi. Hal ini dibuktkan dengan semakin menjamurnya toko online maupun offline yang menjual barang-barang thrift. Salah satunya ialah akun Instagram @belibajuuyuk, akun yang berhasil menarik 13 ribu pengguna dengan menjual pakaian thrift korean style khusus wanita.
Rumusan masalah dan tujuan pada penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh label merek terhadap minat beli barang thrifting pada online thrift shop @belibajuuyuk. 2) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kualitas produk terhadap minat beli barang thrifting pada online thrift shop @belibajuuyuk. 3) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh harga terhadap minat beli barang thrifting pada online thrift shop @belibajuuyuk. 4) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh label merek, kualitas produk, dan harga terhadap minat beli barang thrifting pada online thrift shop @belibajuuyuk.
Pendekatan pada penelitian ini berupa pendekatan kuantitatif dan netnografi, dengan asosiatif sebagai jenis penelitiannya. Analisis pada penelitian menggunakan regresi linier berganda, dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket melalui Google form.
Hasil dari penelitian ini ialah secara parsial variabel label merek memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat beli barang thrifting pada online thrift shop @belibajuuyuk. Kualitas produk memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat beli barang thrifting pada online thrift shop @belibajuuyuk dan harga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat beli barang thrifting pada online thrift shop @belibajuuyuk. Sedangkan secara simultan, ketiga variabel tersebut mempengaruhi minat beli barang thrifting pada online thrift shop @belibajuuyuk.

Kata kunci : Thrift Shop; Digital; Minat Beli.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140209 Industry Economics and Industrial Organisation
14 ECONOMICS > 1403 Econometrics > 140302 Econometric and Statistical Methods
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Neli Wahyuni
Date Deposited: 03 Jul 2024 03:18
Last Modified: 03 Jul 2024 03:18
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35269

Actions (login required)

View Item View Item