Pengembangan Media E-Tangram Berbasis Android Materi Geometri Bangun Datar untuk Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Mayang Jember

Khoi r ul I badAl Ar, Billah (2021) Pengembangan Media E-Tangram Berbasis Android Materi Geometri Bangun Datar untuk Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Mayang Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
KhoirulIbadAlArifBillah_T20177060.pdf

Download (10MB)

Abstract

Khoirul Ibad Al Arif Billah, 2021: Pengembangan Media E-Tangram Berbasis Android Materi Geometri Bangun Datar untuk Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Mayang Jember Kata Kunci: Aplikasi, E-Tangram, Geometri, Bangun Datar. Media adalah sarana yang dapat digunakan sebagai perantara yang berguna untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi dalam mencapai tujuan. Ketika suatu materi begitu jauh dari hobi yang mereka miliki tentunya materi tersebut sulit untuk dipahami. Sehingga diperlukan variasi didalam menyampaikan materi matematika kepada siswa, yakni menghubungkan materi matematika dengan hal-hal yang sering mereka pakai, handphone adalah salah satunya. Oleh karena itu akan lebih menarik jika pembelajaran dilakukan dengan media berbasis android. Rumusan masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana proses pengembangan media e-tangram berbasis android materi geometri bangun datar untuk siswa kelas VII SMP Negeri 2 Mayang Jember. 2) Bagaimana kevalidan media e- tangram berbasis android materi geometri bangun datar untuk siswa kelas VII SMP Negeri 2 Mayang Jember. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan proses pengembangan media e-tangram berbasis android materi geometri bangun datar untuk siswa kelas VII SMP Negeri 2 Mayang Jember. 2) Mendeskripsikan hasil kevalidan media e-tangram berbasis android materi geometri bangun datar untuk siswa kelas VII SMP Negeri 2 Mayang Jember. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (RnD). Pengembangan dilakukan menggunakan 4-D Model yaitu (1) Define (tahap pendefinisisan) yang bertujuan untuk mendefinisikan kebutuhan dan mengumpulkan informasi yang diperlukan dalam proses pengembangan produk, (2) Design (tahap rancangan) bertujuan untuk merancang produk sesuai dengan kebutuhan yang didapat dari tahap pendefinisian, (3) Develop (tahap pengembangan) bertujuan untuk menghasilkan produk yang telah direvisi sesuai saran dari ahli, dan (4) Disseminate (tahap penyebaran) beertujbuanb untuk menyebarluaskan produk . Hasil dari penelitiuan ini adalah: 1) proses pengembangan dilakukan dengan 4 tahapan yaitu, define (pendefinisian) pada tahap ini terdapat analisis kurikulum 2013, analisis konsep, analisis tugas, dan spesifikasi tujuan pembelajaran, design (perancangan) pada tahap ini terdapat pemilihan format dan rancangan awal bahan ajar, development (pengembangan) pada tahap ini hanya terdapat validasi ahli dan revisi produk sehingga menghasilkan produk akhir dan melewati tahapan uji coba lapangan dan uji keefektifan, disseminate (penyebaran) pada tahap ini tidak dilakukan penyebaran produk karena produk tidak melewati tahap uji coba lapangan dan uji keefektifan, jadi penelitian ini yang awalnya ada 4 tahapan yaitu 4-D menjadi 3 tahapan yaitu 3-D. 2) Hasil kevalidan dilakukan oleh 3 validator, yaitu ahli materi, ahli desain, dan ahlibahasa. Hasil yang diperoleh dari ahli materi yakni dengan skor 88%, ahli desain 70%, ahli bahasa 93%. Dari analisis kevalidan menunjukkan rata-rata keseluruhan 83,6% dengan kriteria valid dan dapat digunakan namun dengan perbaikan kecil.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad fredi afan
Date Deposited: 24 Mar 2022 02:47
Last Modified: 24 Mar 2022 02:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3528

Actions (login required)

View Item View Item