Strategi Inovasi, Pengembangan Pprpduk, dan Orientasi Pasar pada Produksi Kopi Gugam di Desa Kali Glagah Kecamatan Sumberbaru Jember

DZIKRI, MUHAMMAD (2024) Strategi Inovasi, Pengembangan Pprpduk, dan Orientasi Pasar pada Produksi Kopi Gugam di Desa Kali Glagah Kecamatan Sumberbaru Jember. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
MUHAMMAD DZIKRI E20172206.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Muhammad Dzikri, Nikmatul Masruroh, 2024 : Strategi Inovasi, Pengembangan Produk, dan Orientasi Pasar Pada Produksi Kopi Gugam di Desa Kali Glagah Kecamatan Sumberbaru Jember.

Berdasarkan kemajuan zaman, pertumbuhan dan pembangunan ekonomi sangat berperan penting dalam meningkatkan pendapatan ekonomi daerah termasuk dalam mensejahterakan rakyat. Peran usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) memiliki arti yang begitu penting bagi suatu daerah terutama sebagai salah satu penggerak pertumbuhan ekonomi daerah. Kegiatan UMKM merupakan salah satu cara agar produk kreatif daerah dapat dikenal dan memberikan peluang bisnis bagi pelaku usaha di daerah. Semakin ketatnya persaingan usaha maka setiap usaha harus memiliki strategi untuk mepertahankan usahanya dan strategi yang di pilih harus membuat usaha memiliki keunggulan bersaing dengan usaha lain.
Fokus penelitian ini adalah : 1) Bagaimana inovasi produk kopi Gugam di desa Kali Glagah Kecamatan Sumberbaru Jember? 2) Bagaimana pengembangan produk kopi Gugam di desa Kali Glagah Kecamatan Sumberbaru Jember? 3) Bagaimana orientasi pasar pada produksi kopi Gugam di desa Kali Glagah kecamatan Sumberbaru Jember?
Tujuan dalam penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui inovasi produk kopi Gugam di desa Kali Glagah Kecamatan Sumberbaru Jember. 2) Untuk mengetahui pengembangan produk kopi Gugam di desa Kali Glagah Kecamatan Sumberbaru Jember. 3) Untuk mengetahui orientasi pasar pada produksi kopi Gugam di desa Kali Glagah kecamatan Sumberbaru Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasii penelitian pada usaha Kopi Gugam di Desa Kali Glagah Kecamatan Sumberbaru Kabupaten Jember. Penentuan subyek penelitian menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.
Hasil penelitian yang didapatkan adalah; 1) Inovasi produk kopi Gugam menggunakan tiga tipe inovasi, inovasi proses, inovasi organisasi, dan inovasi produk untuk menciptakan produk baru yang dapat diterima dan bersaing dipasaran. 2) Pengembangan produk Kopi Gugam menggunakan beberapa strategi dalam meningkatkan kualitas produk yang dilakukan dari pertanian kopi sampai proses produksi untuk mendapatkan kualitas terbaik. 3) Usaha Kopi Gugam senantiasa menggunakan informasi pasar untuk terus memenuhi permintaan pasar dan menetapkan strategi dalam memenuhi kebutuhan pasar yang lebih luas.

Kata Kunci : Strategi, Inovasi, Pengembangan Produk, Orientasi Pasar, Produksi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140101 History of Economic Thought
14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: MUHAMMAD DZIKRI
Date Deposited: 03 Jul 2024 03:44
Last Modified: 03 Jul 2024 03:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35289

Actions (login required)

View Item View Item