Implementasi Manajemen Pembiayaan Dalam Mengembangkan Sarana dan Prasarana Berbasis ICT (Studi Kasus di Sekolah Menengah Pertama Negeri 02 Tempurejo)

Sholehah, Wardatus (2024) Implementasi Manajemen Pembiayaan Dalam Mengembangkan Sarana dan Prasarana Berbasis ICT (Studi Kasus di Sekolah Menengah Pertama Negeri 02 Tempurejo). Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-034-MPI-2024)
WATERMARK Skripsi Wardatus sholehah .pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
 
Wardatus Sholehah, 2024: Implementasi Manajemen Pembiayaan Dalam Mengembangkan Sarana dan Prasarana Berbasis ICT (Studi Kasus di Sekolah Mennegah Pertama Negeri 02 Tempurejo)

Kata Kunci: Manajemen Pembiayaan, Sarana dan Prasarana, ICT.

Pada era globalisasi saat ini lembaga pendidikan dituntut agar dapat mengembangkan berbagai fasilitas yang ada di sekolah, khususnya di bidang teknologi informasi dan komunikasi atau biasa disebut ICT. Tetapi pada kenyataannya banyak sekolah yang masih belum mengupgrade fasilitas IT disebabkan biaya yang terdapat di lembaga pendidikan belum memadai. Oleh sebab itu pentingnya pengelolaan manajemen pembiayaan dalam suatu lembaga pendidikan untuk tercapainya suatu tujuan khususnya dalam mengembangkan sarana dan prasarana berbasis ICT agar dapat memberikan pelayanan terbaik bagi semua warga sekolah.
Fokus penelitian dalam skripsi ini yaitu: 1) Bagaimana perencanaan pembiayaan pendidikan dalam mengembangkan sarana dan prasarana berbasis ICT di SMP Negeri 02 Tempurejo? 2) Bagaimana pelaksanaan pembiayaan pendidikan dalam mengembangkan sarana dan prasarana berbasis ICT di SMP Negeri 02 Tempurejo? 3) Bagaimana pengawasan dan evlauasi pembiayaan pendidikan dalam mengembangkan sarana dan prasarana berbasis ICT di SMP Negeri 02 Tempurejo? Sedangkan tujuan penelitian skripsi ini adalah: Pertama, Untuk mengetahui perencanaan pembiayaan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 02 Tempurejo, Kedua, Untuk mengetahui pelaksanaan pembiayaan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 02 Tempurejo, Ketiga, Untuk mengetahui pengawasan dan evaluasi pembiayaan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 02 Tempurejo.
Penelitian ini merupakan penelitian jenis kualitatif deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kebasahan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian Implementasi Manajemen Pembiayaan Dalam Mengembangkan Sarana dan Prasarana Berbasis ICT (Studi Kasus di Sekolah Menengah Pertama Negeri 02 Tempurejo) yaitu: 1) Perencanaan pembiayaan pendidikan dalam mengembangkan sarana dan prasarana berbasis ICT di SMP Negeri 02 Tempurejo dilakukan dengan menentukan sumber biaya yang akan didapat, serta menyusun RKAS sesuai dengan 8 standar nasional pendidikan. 2) Pelaksanaan pembiayaan pendidikan dalam mengembangkan sarana dan prasarana berbasis ICT di SMP Negeri 02 Tempurejo dilakukan dengan mendata keuangan baik dana yang baru masuk ataupun keluar. 3) Pengawasan pembiayaan pendidikan dalam mengembangkan sarana dan prasarana berbasis ICT di SMP Negeri 02 Tempurejo yaitu melakukan evaluasi pada saat laporan pertanggungjawaban dana BOS dilakukan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 10 TECHNOLOGY > 1005 Communications Technologies > 100503 Computer Communications Networks
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Wardatus S Wardatus Sholehah Wardatus S
Date Deposited: 03 Jul 2024 03:45
Last Modified: 03 Jul 2024 03:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35310

Actions (login required)

View Item View Item