Evaluasi pengendalian internal dana bantuan operasional sekolah (BOS) pada SDN Kaliboto Lor 12 Kecamatan Jatiroto Kabupaten Lumajang

Zain, Qurrota A'yun (2024) Evaluasi pengendalian internal dana bantuan operasional sekolah (BOS) pada SDN Kaliboto Lor 12 Kecamatan Jatiroto Kabupaten Lumajang. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-039-AKSYA-2024)
SKRIPSI AYUN FIX.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Qurrota A’yun Zain, 2024: Evaluasi Pengendalian Internal Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Pada SDN Kaliboto Lor 12 Kecamatan Jatiroto Kabupaten Lumajang.
Kata kunci : Pengendalian Internal, Dana Bantuan Operasional Sekolah.
Dana BOS adalah program yang menyediakan pendanaan untuk biaya operasi non-personal untuk sekolah dari Pemerintah Pusat. SDN Kaliboto Lor 12 Kecamatan Jatiroto Kabupaten Lumajang merupakan salah satu sekolah yang mendapat manfaat dari program dana BOS. Dalam pengelolaan dana BOS membutuhkan suatu sistem pengendalian internal. Pengendalian internal diharapkan mampu memberikan pengaruh positif terhadap adanya suatu kegiatan agar sesuai dengan rencana yang dilakukan selama ini.
Fokus penelitian dalam skripsi ini yaitu: 1) Bagaimana proses perencanaan dan pelaksanaan dana BOS pada SDN Kaliboto Lor 12. 2) Bagaimana pengendalian internal pengelolaan dana BOS pada SDN Kaliboto Lor 12. 3) Bagaimana evaluasi pengendalian internal dana BOS pada SDN Kaliboto Lor 12.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Untuk mengetahui bagaimana proses perencanaan dan pelaksanaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) pada SDN Kaliboto Lor 12. 2) Untuk mengetahui bagaimana pengendalian internal pengelolaan dana BOS pada SDN Kaliboto Lor 12. 3) Untuk mengetahui bagaimana evaluasi pengendalian internal dana BOS pada SDN Kaliboto Lor 12.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Keabsaan data menggunakan triangulasi sumber.
Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini yaitu: 1) Pada proses pelaksanaan Komite kurang atau tidak aktif mengawasi kegiatan pengelolaan. 2) Pengendalian internal pengelolaan dana BOS ada ketidaksesuaian dalam aktivitas pengendalian informasi dan komunikasi dana BOS.3) Evaluasi pengendalian internal dana BOS pada SDN Kaliboto Lor 12 sebagian belum sesuai dengan unsur pengendalian internal serta praktik yang sehat. Dimana Komite kurang atau tidak aktif mengawasi kegiatan pengelolaan dan penggunaan dana, adanya ketidaksesuaian dalam aktivitas pengendalian laporan dana BOS yang hanya dibuat oleh Bendahara antara tugas pencatatan dan pengeluaran yang tidak dipisahkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140203 Economic History
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Qurrota Muzaini
Date Deposited: 03 Jul 2024 03:26
Last Modified: 03 Jul 2024 03:26
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35312

Actions (login required)

View Item View Item