MISBAHUL, ULUM (2020) Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural Dalam tafsir QS. Al-Hujurat ayat 11-13. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.
Text
MISBAHUL ULUM_T20161095.pdf Download (10MB) |
Abstract
Misbahul Ulum,2020: "Pendidikan Multikultural Dalam tafsir QS. Al-Hujurat ayat 11-13" Kata kunci: Pendidikan Multikultural, Tafsir QS. Al-Hujurat Ayat 11-13 Pendidikan multikultural adalah proses untuk mengembangkan seluruh potensi manusia yang menyadarkan akan adanya keberagaman dalam kehidupan beragama dan berbudaya. Pendidikan multikultural merupakan wahana yang paling tepat untuk membangun kesadaran multikulturalisme. Karena, dalam tataran ideal, pendidikan seharusnya bisa berperan sebagai sumber cahaya untuk terciptanya fundamen kehidupan multikultural yang terbatas dari kooptasi negara. Banyak ayat al- dung makna pendidikan multikultural salah satunya adalah QS. Al-Hujurat ayat 11-13. Fokus kajian yang diteliti dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana nilai-nilai pendidikan multikultural demokratis dalam tafsir QS. Al-Hujurat ayat 11-13?, (2) Bagaimana nilai-nilai pendidikan multikultural humanis dalam tafsir QS. Al-Hujurat ayat 11-13?, (3) Bagaimana nilai-nilai pendidikan multikultural pluralis dalam tafsir QS. Al-Hujurat ayat 11-13? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan multikultural demokratis dalam tafsir QS. Al-Hujurat ayat 11-13, (2) mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan multikultural humanis dalam tafsir QS. AlHujurat ayat 11-13, (3) mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan multikultural pluralis dalam tafsir QS. Al-Hujurat ayat 11-13. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif. Dan jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kepustakaan (library reseacrh). Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi. Dan menggunakan metode analisis kajian isi (content analsys). Untuk mengecek keabsahan data dalam penelitian ini, maka peneliti menggunakan teknik triangulasi sumber. Adapun hasil temuan dalam penelitian ini adalah (1) nilai-nilai pendidikan multikultural demokratis dalam tafsir QS. Al-Hujurat ayat 11-13 diantaranya: menumbuhkan kesadaran akan kesatuan, mewujudkan keadilan, membiasakan bermusyawarah, mencegah pertikaian dengan menjahui perilaku tercela. (2) nilainilai pendidikan multikultural humanis dalam tafsir QS. Al-Hujurat ayat 11-13 diantaranya: menumbuhkan kesadaran akan adanya persaudaraan dengan cara saling mengenal dan menjalankan tatakrama berinteraksi sesama manusia. (3) niali-nilai pendidikan multikultural pluralis dalam tafsir QS. Al-Hujurat ayat 11-13 diantaranya: menyadari adanya kesetaraan manusia dan membiasakan diri untuk saling menghormati serta bertoleransi dalam upaya mewujudkan kedamaian dan kesejahtaraan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | m muhammad fadil |
Date Deposited: | 07 Apr 2022 03:26 |
Last Modified: | 07 Apr 2022 03:26 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3532 |
Actions (login required)
View Item |