Peran pasar tradisional dalam meningkatkan perekonomian masyarakat study kasus pasar sempolan kecamatan silo.

Anwar, Khoirul (2024) Peran pasar tradisional dalam meningkatkan perekonomian masyarakat study kasus pasar sempolan kecamatan silo. Undergraduate thesis, UIN Kh Ahmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-137-ES-2024)
Khoirul Anwar_E20182068.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Pasar Sempolan merupakan Pasar Tradisional yang bergerak dalam pembangunan ekonomi dan aktif berperan sebagai wadah masyarakat untuk pengembangan usahanya. Serta memperoleh dan memberikan benefit (keuntungan dan manfaat) non materi, baik dari si pelaku ekonomi maupun pada lingkungan yang lebih luas, misalnya terciptanya suasana persaudaraan, kesejahteraan dan sebagainya. Ada banyak macam-macam penjual yang menawarkan produknya mulai dari kebutuhan primer seperti makanan, pakaian dan perumahan. Di Pasar Tradisional warga Desa Sempolan mencoba untuk menambah penghasilan dengan membuka warung makan, berjualan kue, pedagang peracangan dan sebagainya. Bahkan dari para petani juga mepromosikan hasil taninya di Pasar. Yang awalnya tidak memiliki pekerjaan tetap dapat menjadi kuli angkat barang, membantu berjualan sehingga memiliki penghasilan tetap. Pasar Tradisional memiliki peranan dalam meningkatkan Ekonomi Masyarakat dan mengurangi pengangguran.
Adapun fokus penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana Peranan Pasar Tradisional Dalam meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Sempolan? 2) Bagaimana Dampak Positif Dan Negatif Keberadaan Pasar Tradisional Desa Sempolan?
Tujuan Penelitian ini yaitu: 1) Untuk Mengetahui Peranan Pasar Tradisional Dalam meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Sempolan. 2) Untuk Mengetahui Dampak Positif Dan Negatif Keberadaan Pasar Tradisional Desa Sempolan.
Pendekatan dan jenis penelitian ini menggunkan Kualitatif Deskriptif. Teknik pengumpulan data menggukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan konsep menurut Miles, Huberman dan saldana yaitu: pengumpulan data, kondensasi data, penyajian dan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peranan pasar tradisional dalam meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Sempolan memainkan peranan penting dalam membantu meningkatkan perekonomian pedagang, mudah menyalurkan produk yang dijual, dan juga meningkatan pengembangan usaha masyarakat, serta mampu meningkatkan penghasilan keluarga. Dampak positif dan negatif keberadaan pasar tradisional sempolan yaitu dari segi positif dapat meningkatkan pendapatan masyarakat sekitar, pasar sebagai lapangan pekerjaan, pasar menyerap hasil tani, produk yang dipasarkan bervariasi, perhatian dan dukungan dari dinas, sedangkan dari segi negatif pasar dapat menyebabkna kemacetan, pencemaran lingkungan dan adanya sumber-sumber kejahatan.

Kata kunci : Peranan, Pasar Tradisional, Peningkatan Ekonomi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140101 History of Economic Thought
14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140104 Microeconomic Theory
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160702 Counselling, Welfare and Community Services
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Khoirul Anwar
Date Deposited: 03 Jul 2024 03:56
Last Modified: 10 Jul 2024 07:58
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35321

Actions (login required)

View Item View Item