Nikmatuzzahro, Alfina (2004) Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Berstandar PISA pada Materi Lingkaran Ditinjau dari Level Berpikir Van Hiele Kelas XI IPA1 MA Wahid Hasyim Balung. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Text (SK-042-TADRIS-MTK-2024)
digilib_SKRIPSI ALFINA NIKMATUZZAHRO_201101070009.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (10MB) |
Abstract
Kemampuan berpikir kritis siswa sangat penting dalam proses
pembelajaran. Untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis yang sesuai
dengan perkembangan zaman, maka dibutuhkan soal-soal yang dikembangkan
untuk penilaian matematika didasarkan pada soal-soal Program for International
Student Assement (PISA). Soal berstandar PISA ini menguji kemampuan berpikir
kritis dan pemecahan masalah siswa. Dalam hal ini peneliti menganalisis
kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal berstandar PISA materi
lingkaran ditinjau dari level berpikir Van Hiele. Teori Van Hiele memiliki 5 level
berpikir yakni: level 0 (visualisasi), level 1 (analisis), level 2 (deduksi informal),
level 3 (deduksi formal), level 4 (rigor).
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis
siswa pada level berpikir Van Hiele dalam menyelesaikan soal berstandar PISA
materi lingkaran. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan
pendekatan kualitatif dan teknik pengumpulan data yaitu tes VHGT, tes
kemampuan berpikir kritis, dan wawancara. Subjek penelitian ini menggunakan 6
siswa dan pemilihan subjek berdasarkan metode purposive sampling. Analisis data
dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi teknik.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil dari Van Hiele
Geometry Test pada siswa kelas XI IPA1 MA Wahid Hasyim Balung berada pada 3
tingkat yaitu level 0 (visual), level 1 (analisis), dan level 2 (deduksi informal). Pada
masing-masing level terdiri dari 14 siswa pada level 0 (Visual), 5 siswa pada level
1 (Analisis), pada level 2 (Deduksi Informal) terdapat 2 siswa, dan tidak ada siswa
yang mencapai tingkat 3 (Deduksi Formal) dan tingkat 4 (Rigor). Adapun hasil
analisis kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal berstandar
PISA materi lingkaran ditinjau dari level berpikir Van Hiele diperoleh bahwa siswa
yang berada pada level 0 (visual) pada Van Hiele mampu memenuhi 4 kriteria
berpikir kritis yakni focus, inference, situation, dan overview. siswa yang berada
pada level 1 (analisis) pada Van Hiele mampu memenuhi 5 kriteria berpikir kritis
yakni focus, reason, inference, situation dan overview, dan siswa yang berada pada
level 2 (deduksi informal) pada Van Hiele mampu memenuhi 6 kriteria berpikir
kritis yakni focus, reason, inference, situation,clarity dan overview.
Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, Soal Berstandar PISA, Lingkaran, Level
Berpikir Van Hiele.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Alfina Nikmatuzzahro |
Date Deposited: | 03 Jul 2024 02:43 |
Last Modified: | 03 Jul 2024 02:43 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35359 |
Actions (login required)
View Item |