Pengembangan media Diorama Siklus Air dalam pembelajaran IPA Kelas V di MI Raudhatul Jannah Unggulan Jenggawah

Fauzi, Mochammad (2024) Pengembangan media Diorama Siklus Air dalam pembelajaran IPA Kelas V di MI Raudhatul Jannah Unggulan Jenggawah. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-044-PGMI-2024)
skripsi fauzi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (10MB)

Abstract

Kata Kunci : Media Pembelajaran Diorama, Siklus Air.
Pembelajaran yang monoton kenyataannya dapat menyebabkan proses pembelajaran di dalam kelas menjadi membosankan. Penggunaan media pembelajaran dapat membantu dalam mengatasi hambatan-hambatan saat pembelajaran. Berdasarkan fakta yang ditemukan di sekolah guru hanya menggunakan media pembelajaran seperti papan tulis, buku paket, dan menggunakan metode ceramah. Guru tidak memaksimalkan penggunaan media pembelajaran, guru hanya menggunakan media buku. Sehingga peneliti mengembangkan media diorama agar proses belajar mengajar tidak membosankan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini : 1) Bagaimana proses pengembangan media diorama pada materi siklus air siswa kelas V di MI Raudhatul Jannah Unggulan Jenggawah. 2) Bagaimana kelayakan media diorama pada materi siklus air siswa kelas V di MI Raudhatul Jannah Unggulan Jenngawah. 3) Bagaimana kemenarikan media diorama pada materi siklus air siswa kelas V di MI Raudhatul Jannah Unggulan Jenggawah.
Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Untuk menghasilkan produk yang berupa media diorama pada materi siklus air siswa kelas V di MI Raudhatul Jannah Unggulan Jenggawah. 2) Untuk mengetahui kelayakan media diorama pada materi siklus air siswa kelas V di MI Raudhatul Jannah Unggulan Jenggawah. 3) Untuk mengetahui kemenarikan media diorama pada materi siklus air siswa kelas V di MI Raudhatul Jannah Unggulan Jenggawah.
Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE dengan lima tahapan yaitu: 1) Analysis; 2) Design; 3) Development; 4) Implementation; 5) Evaluation. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni lembar pedoman wawancara, lembar angket validasi, lembar angket respon peserta didik, dan lembarsoal tes.
Hasil penelitian ini adalah 1) Media pembelajaran diorama pada materi siklus air dalam pembelajaran IPA kelas V. 2) Media pembelajaran diorama dinyatakan sangat layak digunakan dengan persentase kevalidan oleh ahli materi sebesar 95%, ahli media 92%, dan guru kelas 91%. 3) Hasil Respon peseta didik terhadap media pembelajaran diorama didapatkan nilai pesentase sebesar 84,7% untuk uji coba lapangan dan masuk pada kategori “sangat menarik”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mochammad Fauzi
Date Deposited: 04 Jul 2024 06:08
Last Modified: 04 Jul 2024 06:08
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35386

Actions (login required)

View Item View Item