Alvi Wardatul, latifa (2021) Pengaruh Kemandiriana Belajar dan Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Biologi kelas XI MIPA di SMA Negeri 3 Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Biologi.
Text
Alvi Wardatul Latifa_T20178072.pdf Download (11MB) |
Abstract
Alvi Wardatul Latifa, 2021: Pengaruh Kemandiriana Belajar dan Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Biologi kelas XI MIPA di SMA Negeri 3 Jember. Kata Kunci: Kemandirian Belajar, Disiplin Belajar, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa factor internal yang mempengaruhi hasil belajar. Salah satu factor tonus jasmaniah. Kemandirian dan disiplin belajar merupakan salah satu factor yang mempengaruhi hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan kemandirian siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 3 Jember. 2) Mendeskripsikan disiplin belajar biologi siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 3 Jember. 3) Mendeskripsikan hasil belajar biologi siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 3 Jember. 4) Mengetahui pengaruh kemandirian belajar dan disiplin belajar biologi secara bersama-sama terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 3 Jember. 5) Mengetahui pengaruh kemandirian belajar dan disiplin belajar biologi secara bersama-sama secara individu terhadap hasil belajar bilogi siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 3 Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif yang dilakukan di SMA Negeri 3 Jember. Populasi meliputi seluruh siswa kelas XI MIPA yang berjumlah 243 siswa. Penentuan jumlah sampel dengan rumus Slovin diperoleh 152 siswa, dengan menggunakan teknik cluster random sampling maka diambil sebanyak empat kelas yang berjumlah 175 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi serta analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Kemandirian belajar siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 3 Jember dengan kategori sangat tinggi sebanyak 2%, kategori tinggi dengan 68% dan kategori sedang sebanyak 30%. 2) Disiplin belajar siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 3 Jember dengan kategori sangat tinggi sebesar 23% dan kategori tinggi sebesar 77%. 3) Hasil belajar yang diperoleh siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 3 Jember dengan kategori sangat tinggi sebesar 17%, dan tinggi sebesar 83%. 4) Terdapat pengaruh langsung yang signifikan antara kemandirian belajar dan disiplin belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 3 Jember. 5) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kemandirian belajar dan disiplin belajar secara individu terhadap hasil biologi siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 3 Jember
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | muhammad fredi afan |
Date Deposited: | 24 Mar 2022 02:25 |
Last Modified: | 24 Mar 2022 02:25 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3539 |
Actions (login required)
View Item |