Kepemimpinan Kiai Dalam Mengelola Pesantren Era Revolusi Industri 4.0 di Pesantren Darul Falah Arroudloh Umbulsari Jember

Pratama, Angga Yoga (2024) Kepemimpinan Kiai Dalam Mengelola Pesantren Era Revolusi Industri 4.0 di Pesantren Darul Falah Arroudloh Umbulsari Jember. Masters thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
FINAL TESIS1 ANGGA_WATERMARK.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Angga Yoga Pratama, 2024. Kepemimpinan Kyai dalam Mengelola Pesantren di Era Revolusi Industri 4.0 di Pesantren Darul Falah Arroudloh Paleran, Umbulsari, Jember. Tesis, Progran Studi Manajemen Pendidikan Islam. Pascasarjana Universitas Islam Negeri Kiai Achmad Shiddiq Jember. Pembimbing I: Dr. Hj. St. Rodliyah, M.Pd. Pembimbing II: Dr. H. Abdul Mu’is, S.Ag., M.Si.

Kata Kunci: Kepemimpinan Kyai, Pesantren, Era Revolusi Industri 4.0.

Peran kyai sebagai pengasuh pondok pesantren memiliki peran ganda, memberikan pengajaran dan mengelola pesantren agar bisa tumbuh dan berkembang di lingkungan masyarakat era revolusi industri 4.0. Perkembangan digitalisasi dimanfaatkan oleh pesantren dalam kegiatan pembelajaran menggunakan metode pembelajaran berbasis video ditampilkan secara langsung dengan media LCD proyektor, pengajian kitab kuning secara online kepada Masyarakat menggunakan You Tube, dan penggunakan absensi online saat liburan pesantren. Tujuan penelitian ini: untuk menganalisis dan mendiskripsikan kepemimpinan kyai sebagai pendidik, sebagai tokoh agama dan sebagai pengasuh dalam mengelola pesantren di era revolusi industri 4.0 di Pesantren Darul Falah Ar-Roudloh Paleran.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, jenis penelitian ini studi kasus (case study). Lokasi penelitian Pesantren Darul Falah Arroudloh Paleran, Umbulsari, Jember, Jawa Timur. Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling, antara lain: KH. Ihsan Salim, M. Mursyid Syarifudin S.Pd dan M. Hasbi Assidiqi. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan metode interaktif Miles Huberman yang meliputi kondensasi data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik dan member check.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, Kepemimpinan dalam mengelola pesantren di industry 4.0 tetap kitab-kitab klasik sebagai bahan ajar seperti Kitab I’dhotun Nasi’in, dan Kitab Ta’limul Muta’alim, dalam proses pembelajaran telah memanfaatkan LCD proyektor. Kedua, Sosok KH. Ikhsan Salim sebagai tokoh agama diterapkan oleh beliau dalam memberikan pengajian umum kepada alumni dan Masyarakat sekitar pondok pesantren melalui pengajian rutin tafsir Al Ibris yang terkoneksi langsung dengan channel You Tube, Face Book dan Instagram: Darul Falah Arroudloh. Ketiga. KH. Ikhsan Salim sebagai pengasuh penentu semua kebijakan dalam lingkungan pesantren, mulai dari kegiatan sekolah, kegiatan diniyyah, kepengurusan pesantren, ketertiban dan kedisiplinan santri Ketika liburan pesantren, pengurus melakukan pengabsenan online menggunakan aplikasi Google Crome.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education
Divisions: Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Angga Yoga Pratama
Date Deposited: 03 Jul 2024 06:44
Last Modified: 03 Jul 2024 06:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35391

Actions (login required)

View Item View Item