Penerapan Marketing Mix (7P) Produk Tabungan Pada KSPPS Baitul Maal Wat Tamwil Nuansa Umat Jawa Timur Cabanh Kalisat Jember

Laili, Istifadatul (2024) Penerapan Marketing Mix (7P) Produk Tabungan Pada KSPPS Baitul Maal Wat Tamwil Nuansa Umat Jawa Timur Cabanh Kalisat Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-017-PS-2024)
Revisi Skripsi lelii.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (18MB)

Abstract

Istifadatul Laili, Siti Alfiyah, 2024: “Penerapan Marketing mix 7P produk tabungan pada KSPPS BMT NU Jawa Timur Cabang Kalisat Jember”

Marketing Mix merupakan salah satu alat terpenting dalam suatu pemasaran guna mencapai tujuan pemasaran, Marketing Mix Merupakan salah satu cara yang digunakan oleh pihak bank untuk menginformasikan kepada nasabah tentang hal-hal atau aktivitas yang ada di dalam perbankan tersebut. Lembaga keuangan salah satunya koperasi harus memiliki alat untuk memasarkan produk-produk yang dimiliki agar tepat sasaran dan mencapai tujuan pemasaran.
Fokus penelitian yang diteliti adalah 1).Bagaimana penerapan marketing mix (7P) produk tabungan pada KSPPS BMT NU Jawa Timur Cabang Kalisat Jember. 2). Apa faktor penghambat dalam penerapan marketing mix pada produk tabungan. 3). Apa faktor pendukung dalam penerapan marketing mix pada produk tabungan di KSPPS BMT NU Jaa Timur cabang kalisat Jember.
Tujuan penelitian pada skripsi ini adalah 1).untuk mengetahui penerapan maketing mix (7P) produk tabungan pada KSPPS BMT NU Jawa Timur Cabang Kalisat Jember. 2).Untuk mengetahui faktor penghambat dalam penerapan marketing mix pada produk tabungan 3). Untuk mengetahui faktor pendukung dalam penerapan marketing mix pada produk tabungan di KSPPS BMT NU Jaa Timur cabang kalisat Jember.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis deskriptif. Subyek penelitian menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data mengunakan tenik observasi,, wawancara dan dokumentasi dengan analisis data yaitu reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk memeriksa keabsahan data peneliti menggunakan teknik tianggulasi sumber.
Hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti menunjukan bahwa 1). Penerapan Marketing Mx 7P produk tabungan pada KSPPS BMT NU Jawa Timur Cabang Kalisat Jember sudah sangat bagus dan optimal. Produk-produk tabungan yang dipasarkan BMT NU sudah cukup jelas dan sesuai dengan kebutuhan nasabah. 2). Faktor penghambat dalam penerapan marketing mix diantaranya dari faktor internal dimana staff kantor tidak ada perkembangan dan malas untuk melakukan suatu pemasaran, dan adanya pesaing antar lembaga keuangan. 3). Faktor pendukung dalam penerapan marketing mix ini diantaranya lokasi perusahaan yang sangat strategis dekat dengan pemukiman penduduk dan pasar sealian itu adanya tokoh pendukung atau nasabah yang bisa turut adil dalam pemasaran produk-produk tabungan yang BMT miliki sehingga dapat memudahkan dalam penerapannya.

Kata Kunci: Marketing mix, Tabungan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150299 Banking, Finance and Investment not elsewhere classified
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Leli Istifadatul Laili
Date Deposited: 03 Jul 2024 07:18
Last Modified: 03 Jul 2024 07:18
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35406

Actions (login required)

View Item View Item