Pembentukan Karakter Peserta Didik Melalui Budaya Religius Di SMPN 1 Semboro Tahun Pelajaran 2023/2024

Wildatul, Janah (2024) Pembentukan Karakter Peserta Didik Melalui Budaya Religius Di SMPN 1 Semboro Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq.

[img] Text (SK-068-PAI-2024)
Wildatul Janah_T20171154.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Pembentukan karakter peserta didik melalui budaya reigius merupakan proses yang melibatkan nilai-nilai keyakinan, dan praktik keagamaan dalam membentuk sikap, perilaku, dan moral peserta didik. Budaya religius di lingkungan pendidikan memberikan dasar yang kuat bagi pengembangan karakter yang baik dan etis. Melalui pemahaman akan ajaran agama, peserta didik diajarkan untuk menghormati, menghargai, dan peduli terhadap sesama dan lingkungan sekitar. Pelaksanaan ibadah, doa, dan amal kebijakan menjadi sarana untuk memperkuat nilai-nilai positif seperti kejujuran, kesabaran, kerja keras, dan empati.
Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana pembentukan karakter peserta didik melalui budaya religius kegiatan keislaman di SMPN 1 Seboro?. 2) Bagaimana pembentukan karakter peserta didik melalui budaya religius sholat berjamaah di SMPN 1 Semboro?. Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) Mengetahui dan mendeskripsikan pembentukan karakter peserta didik melalui budaya religius kegiatan keislama SMPN 1 Semboro. 2) Mengetahui dan mendeskripsikan pembentukan karakter peserta didik melalui budaya religius sholat berjamaah di SMPN 1 Semboro.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field reserch) dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data selama dilapangan menggunakan anaisis data model interaktif yang meliputi reduksi data, penyajian data, penyajian kesimpulan. Kemudian untuk keabsahan data menggunakan
Hasil penelitian yaitu: 1) Pembentukan karakter peserta didik melalui budaya religius kegiatan keislaman di SMPN 1 Semboro diantaranya, dengan mengadakan kajian keislaman, memanfaatkan moment PHBI, membiasakan dan mewajibkan peraturan dan budaya yang ada di di sekolah, membiasakan sholat berjamaah, mengucapkan salam kepada guru. 2) Pembentukan karakter peserta didik melalui budaya reigius kegiatan sholat berjamaah diantaranya dengan pebiasaan yaitu konsisten dalam melaksanakan kegiatan shalat berjamaah, keteadanan yaitu mencontohkan perilaku yang baik dan menjadi teladan bagi siswa, memberikan arahan yaitu memberikan bimbingan dan arahan kepada siswa dalam pembentukan karakter melalui praktik shalat berjamaah.

Kata Kunci: Pembentukan Karakter, Budaya Religius

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Wildatul Janah
Date Deposited: 03 Jul 2024 07:19
Last Modified: 03 Jul 2024 07:19
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35407

Actions (login required)

View Item View Item