Perbandingan rekrutmen guru honorer Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Jember Dan Madrasah Tsanawiyah Unggulan Al-Qodiri 1 Jember

Yuniastia, Linda (2024) Perbandingan rekrutmen guru honorer Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Jember Dan Madrasah Tsanawiyah Unggulan Al-Qodiri 1 Jember. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text (SK-069-MPI-2024)
LINDA_YUNIASTIA_.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Linda Yuniastia,2024: “Perbandingan Rekrutmen Guru Honorer di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Jember dan Madrasah Tsanawiyah Unggulan Al-Qodiri 1 Jember.
Kata Kunci: Rekrutmen, Guru Honorer
Rekrutmen Guru merupakan hal yang sangat penting bagi setiap lembaga terutama lembaga yang masi berstatus swasta namun tidak bisa di pungkiri juga rekrutmen guru honorer juga sering diterapkan di sekolah-sekolah negeri yang memang sangat membutuhkan tenaga pendidik, Yang mana hal ini tidak dapat dipisahkan dengan dunia pendidikan karena untuk mendapatkan guru atau pendidik yang profesional dalam belajar mengajar maka sebuah lembaga juga harus melaksakan proses rekrutmen dengan benar.Namun tidak selamanya dalam proses rekrutmen guru honorer lembaga bisa mendapatkan guru yang baik dan prosesional karena disebabkan oleh kurang nya keterbatasan dalam penyelenggara, Oleh sebab itu penting bagi sebuah lembaga lebih memperhatikan dalam proses rekrutmennya. Berdasarkan fenomena tersebut Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Jember dan Madrasah Tsanawiyah Unggulan Al-Qodiri 1 Jember melakukan inovasi dengan berupa sekolah literasi di Tsanawiyah Negeri 2 Jember dan kelas unggulan di Madrasah Tsanawiyah Unggulan Al-Qodiri 1 Jember dengan begitu upaya untuk mendapatkan pendidik yang profesional dan baik lebih di perhatikan dengan adanya program-program unggulan di lembaga.
Fokus dari penelitian ini yaitu (1) bagaimana Analisis Jabatan di Tsanawiyah Negeri 2 Jember dan Madrasah Tsanawiyah Unggulan Al-Qodiri 1 Jember, (2) Bagaimana Rekrutmen Guru Honorer di Tsanawiyah Negeri 2 Jember dan Madrasah Tsanawiyah Unggulan Al-Qodiri 1 Jember, (3) Bagaimana Penilaian Kinerja Guru di Tsanawiyah Negeri 2 Jember dan Madrasah Tsanawiyah Unggulan Al-Qodiri 1 Jember.
Penelitian ini adalah penelitian perbandingan dengan menggunakan mix methods dengan jenis Squential Exploratory Desaign, Yaitu penelitian dengan menggunakan dua metode yaitu kualitatif yang di gunakan sebagai data utama dan kuantitatif sebagai data pendukung. Dalam penelitian ini data diperoleh melalui dua sumber yaitu kualitatif melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, Sedangkan Kuantitatif melalui penilaian kinerja guru.
Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Analisijabatan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Jember dan Madrasah Tsanawiyah Unggulan Al-Qodiri 1 Jember adalah melalui proses perencanaan, Pengumpulan data jabatan, pengolahan data jabatan, Verifikasi jabatan, (2) Rekrutmen guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Jember dan Madrasah Tsanawiyah Unggulan Al-Qodiri 1 Jember. Yaitu melewai proses dari Pembagian brosur, Pengecekan berkas, Seleksi adminitrasi, Wawancara, Evaluasi latar belakang, Tes kesehatan/ medis , Penempatan dan orientasi, (3) Penilaian Kinerja Guru menunjukkan bahwa nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 yang dimana lebih kecil dari 0,05. Hal tersebut menunjukkan terjadi perbedaan yang signifikan anatara nilai PKG MTs Al-Qodiri dan MTsN 2 Jember.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Linda Yuniastia
Date Deposited: 03 Jul 2024 08:35
Last Modified: 09 Jul 2024 08:08
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35420

Actions (login required)

View Item View Item