Implementasi Kegiatan Ekstrakurikuler Rohani Islam Untuk Mengembangkan Nilai-nilai Akhlak Siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember

Puji Lestari, Endang (2024) Implementasi Kegiatan Ekstrakurikuler Rohani Islam Untuk Mengembangkan Nilai-nilai Akhlak Siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember. Undergraduate thesis, UIN KH. Achnad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-067-PAI-2024)
Skripsi Endang Puji L watermark.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (23MB)

Abstract

ABSTRAK
Endang Puji Lestari, 2024: Implementasi Kegiatan Ekstrakurikuler Rohani Islam Untuk Mengembangkan Nilai-nilai Akhlak Siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember
Dalam pengembangan akhlak siswa melalui kegiatan intrakurikuler disekolah tetapi juga melalui kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan ekstrakurikuler adalah kegiatan pendidikan diluar kurikulum yang mampu mengembangkan kemampuan siswa. Salah satu ekstrakurikuler keagamaan yang terdapat di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember ialah ektrakurikuler rohani Islam yang didalamnya terdapat tiga kegiatan yakni hadrah, tilawah dan juga kaligrafi. Ekstrakurikurikuler tersebut dilakukan untuk dapat mengembangkan bakat, minat, potensi siswa sehingga dapat menerapkan pada pembiasaan yang ada disekolah.
Fokus penelitian ini adalah:1) Bagaimana proses kegiatan ekstrakurikuler rohani Islam untuk mengembangkan nilai-nilai akhlak siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember? 2) Bagaimana pengembangkan nilai-nilai akhlak siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler rohani Islam di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk Mendeskripsikan proses kegiatan ekstrakurikuler rohani Islam untuk mengembangkan nilai-nilai akhlak siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember. 2) Untuk Mendeskripsikan pengembangkan nilai-nilai akhlak siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler rohani Islam di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data lebih banyak pada observasi, wawancara, dan dokumentasi. Model analisis yang digunakan yaitu model Miles dan Huberman dan Saldana langkahnya berupa kondensi data, penyajian data, dan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan yaitu: triangulasi sumber, dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini adalah: 1) Didalam perencanaannya kepala sekolah menentukan peraturan mengenai kewajiban bagi seluruh siswa untuk mengikuti kegiatan ekstrakurikuler yang mereka minati. Serta menentukan mengenai tujuan dan rencana program kegiatan yang akan dilaksanakan dua kali dalam satu minggu. Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler hadrah,tilawah dan juga kaligrafi adanya materi mengenai pukulan dasar,irama lagu dan juga tahsinul kitabah dengan media alat musik hadrah, video qari’-qari’ah, buku dan juga bullpen dengan metode ceramah, metode demonstrasi atau praktek dan metode drill atau latihan secara berulang-ulang. Didalam evaluasi kegiatan ekstrakurikuler hadrah,tilawah,kaligrafi dalam mengembangkan akhlak dilakukan dengan cara mengamati sikap serta perilaku dari peserta didik disekolah dalam berinteraksi dengan guru, warga sekolah yang lain, serta teman-temannya disekolah 2). Pada kegiatan hadrah,tilawah dan kaligrafi siswa melantunkan sholawat yang berarti mencerminkan nilai-nilai akhlak kepada baginda Nabi Muhammad SAW, dan siswa melantunkan ayat Al-Qur’an berarti mencerminkan nilai-nilai akhlak kepada baginda Allah SWT, serta siswa menuliskan ayat-ayat Al-Qur’an maupun asma Allah berarti mencerminkan nilai-nilai akhlak kepada baginda Allah SWT. Dan program bersih-bersih masjid yang dilakukan setiap 2 minggu sekali yang berarti mencerminkan nilai-nilai akhlak terhadap lingkungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Endang Puji Lestari
Date Deposited: 03 Jul 2024 06:22
Last Modified: 08 Jul 2024 02:18
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35424

Actions (login required)

View Item View Item