Analisis Manajemen Risiko Pada Usaha Ayam Broiler di Peternakan Holifah Desa Nogosari Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember

Muniroh, Ana Muflikhatul (2024) Analisis Manajemen Risiko Pada Usaha Ayam Broiler di Peternakan Holifah Desa Nogosari Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text (SK-087-ES-2024)
skripsi Ana Muflikhatul revisi docx (2).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (13MB)

Abstract

Manajemen risiko merupakan suatu cara metode yang mempelajari berbagai jenis risiko dan mengelola risiko tersebut dengan tujuan agar terhindar dari kerugian. Risiko dalam usaha ayam broiler yaitu risiko kesehatan ayam. Penyakit ayam dapat cepat menyebar dan mengakibatkan kematian massal, penurunan pertumbuhan dan kerugian finansial.

Fokus masalah yang diteliti pada skripsi ini adalah:1. Bagaimana risiko pada usaha peternakan ayam broiler di Desa Nogosari Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember? 2. Bagaimana penerapan manajemen risiko dalam mengatasi risiko pada usaha ayam broiler di Desa Nogosari Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember?

Tujuan penelitian ini adalah: 1. Untuk menganalisis risiko dalam usaha ayam broiler di Desa Nogosari Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember.2. Untuk mengetahui penerapan dalam manajemen risiko untuk mengatasi suatu risiko pada usaha ayam broiler.

Untuk menjawab permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Adapun teknik pengumpulan datanya yaitu menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan ialah menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Selain itu, untuk keabsahan data yang digunakan ialah dengan menggunakan triangulasi sumber.

Hasil penelitian ini yaitu: 1. Pengenalan macam- macam risiko serta solusi dalam memilih metode penyelesaian baik dibedakan secara risiko murni, risiko spekulatif, risiko fundamental, risiko dinamis dan risiko khusus yang ditinjau secara internal dan eksternal usaha ayam broiler. 2. Penerapan manajemen risiko dalam menjalankan usaha masalah yang sering di hadapi baik dari produksi, bibit ayam, antisipasi cuaca dan penyakit pada ayam broiler.

Kata kunci: Manajemen Risiko, Identifikasi, Evaluasi, Strategi, Tujuan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140199 Economic Theory not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Ana Muflikhatul M
Date Deposited: 03 Jul 2024 06:26
Last Modified: 03 Jul 2024 06:26
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35436

Actions (login required)

View Item View Item