Pengaruh literasi keuangan, lingkungan sosial dan Impulsive Buying terhadap perilaku hutang pada ShopeePaylater dalam perspektif ekonomi Islam

Annuria, Sinta (2024) Pengaruh literasi keuangan, lingkungan sosial dan Impulsive Buying terhadap perilaku hutang pada ShopeePaylater dalam perspektif ekonomi Islam. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-002-ES-2024)
SKRIPSI SINTA WATERMARK.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Kata Kunci: Literasi Keuangan, Lingkungan social, ImpulseBuying dan Perilaku Hutang.
Literasi keuangan, lingkungan social dan impulse buing merupakan factor yang mempengaruhi seseorang melakukan perilaku hutang. literasi keuangan diartikan sebagai komponen sumber daya manusia yang dapat digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan keuangan. Seseorang dikatakan melek keuangan ketika memiliki pengetahuan dan kemampuan untuk menerapkan pengetahuan tersebut. Lingkungan sosial adalah tempat dimana terjadi interaksi antara individu dengan individu maupun dengan kelompok. Hal ini membuat seseorang berusaha menyesuaikan diri dan memenuhi ekspektasi orang lain. Akibatnya, pengaruh sosial atau social influence menjadi salah satu penyebab seseorang memiliki hutang.
Fokus masalah pada penelitian yaitu Apakah literasi keuangan berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku hutang? Apakah ligkungan sosial berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku hutang? Apakah Impulsive Buying berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku hutang? Apakah literasi keuangan, lingkungan sosial dan impulse buying berpengaruh secara simultan terhadap perilaku hutang?
Pada penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui dan menguji pengaruh literasi keuangan, lingkuangan sosial dan impulse buying secara positf atau negativ terhadap perilaku hutang dalam prespektif ekonomi islam.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian asosiatif. Metode pengumpulan data yang diguanakan dalam penelitian adalah dengan menyebar kuesioner kepada responden. Total populasi dalam penelitian ini 192 responden.
Hasil kesimpulan dalam penelitian ini adalah secara parsial impulsebuying tidak berpengaruh terhadap perilaku hutang, hal tersebut dapat diperoleh dengan hasil uji t dapat dipaparkan nilai sig pada variabel Impulsive Buying (X3) 0,595 > 0,05 dan pada nilai thitung 0,531 < 1,972. Berbeda dengan variabel literasi keuangan dan lingkungan social berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku hutang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140102 Macroeconomic Theory
14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140199 Economic Theory not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms sinta sinta
Date Deposited: 03 Jul 2024 07:00
Last Modified: 10 Jul 2024 04:42
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35449

Actions (login required)

View Item View Item