Implementasi Program Terjemah Alqur'an SAFINDA Dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa Memahami Kandungan Isi Alqur'an di Madrasah Aliyah Darul Hikam Jenggawah Jember

Zainurroziqin, Moh. (2024) Implementasi Program Terjemah Alqur'an SAFINDA Dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa Memahami Kandungan Isi Alqur'an di Madrasah Aliyah Darul Hikam Jenggawah Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-110-PAI-2024)
skripsi, moh. Zainur Roziqin .pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Moh. ZainurRoziqin. 2024. “Implementasi Program Pelatihan Terjemah Al-Qur’an (PPTQ) SAFINDA dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa Memahami Kandungan Isi Al-Qur’an di Madrasah Aliyah Darul Hikam Kertonegoro Jenggawah Jember 2024”.
Kata Kunci: Progam Pelatihan Terjemah Al-Qur’an (PPTQ) SAFINDA. Pemahaman Kandungan Isi Al-Qur’an
Pemahaman terhadap makna Al-Qur’an yang berfungsi sebagai pedoman hidup dirasakan masih kurang bagi masyarakat muslim. Program pelatihan terjemah Al-Qur’an (PPTQ) merupakan program terjemah dari bahasa arab ke bahasa Indonesia dengan cara sederhana dan praktis.
Adapun fokus pada penelitian ini adalah: (1) Bagaimana Implementasi progam pelatihan terjemah Al-Qur’an (PPTQ) SAFINDA di Madrasah Aliyah (MA) Darul Hikam Kertonegoro Jengawah Jember 2024. (2) Bagaimana Implikasi Progam Pelatihan Terjemah Al-Qur’an (PPTQ) SAFINDA dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami isi kandungan Al-Qur’an di Madrasah Aliyah (MA) Darul Hikam Kertonegoro Jenggawah Jember 2024.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis Studi Kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan 3 metode yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Dan yang terakhir adalah analisis datanya menggunakan analisis data kualitatif dengan jenis Studi Kasus meliputi: kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini adalah: 1) Implementasi PPTQ SAFINDA dalam menerjemah Al-Qur’an di MA Darul Hikam Kertonegoro Jenggawah Jember yaitu: a. Siswa menterjemah perkata atau harfiyah. b. Siswa membaca dengan mengulang-nglangi Lafad & artinya sampi hafal c. Siswa juga memahami materi nahwu shorof dan i’rob guna untuk mengetahui kalimat. d. Para guru melakukan evaluasi harian dan per semester. e. Media yang digunakan adalah Buku PPTQ SAFIND 2) Implikasi Progam Pelatihan Terjemah Al-Qur’an (PPTQ) SAFINDA dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami isi kandungan Al-Qur’an di Madrasah Aliyah (MA) Darul Hikam Kertonegoro Jenggawah Jember a. Siswa mampu Menelaah setiap kajian kajian materi pada isi kandungan ayat al-Qur'an. b. Siswa mampu menerapkan materi yang ada dalam isi kandungan ayat al-Qur'an.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rozqin Zainur Moh
Date Deposited: 03 Jul 2024 06:41
Last Modified: 08 Jul 2024 08:35
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35457

Actions (login required)

View Item View Item