Model Project Based Learning Dengan Peer Tutoring System Pada Mata Pelajaran Fikih Di MAN 2 Banyuwangi

Hidayat, Mochammad Fattah (2024) Model Project Based Learning Dengan Peer Tutoring System Pada Mata Pelajaran Fikih Di MAN 2 Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mochammad Fattah Hidayat 201101010018_.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Kata Kunci : Project Based learning, Peer Tutoring System, Mata Pelajaran Fikih.

Pembelajaran abad 21 menuntut siswa untuk tidak hanya menguasai materi pelajaran, tetapi juga mampu belajar dan beradaptasi dengan berbagai sumber informasi, media, dan teknologi, serta memiliki potensi kecakapan hidup. Model project based learning dengan sistem peer tutoring hadir sebagai solusi untuk memenuhi kebutuhan tersebut.
Pembelajaran ini merupakan kombinasi antara pembelajaran berbasis proyek dengan sistem tutor sebaya, dimana peserta didik bekerja sama dalam kelompok untuk mengkaji dan mengimplementasikan materi pelajaran, serta membantu mereka belajar secara mandiri.

Fokus penelitian yang diangkat dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran project based learning dengan peer tutoring system pada mata pelajaran fikih ?(2) Bagaimana langkah-langkah pembelajaran project based learning dengan peer tutoring system pada mata pelajaran fikih ? (3) Bagaimana evaluasi pembelajaran project based learning dengan peer tutoring system pada mata pelajaran fikih?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, langkah-langkah, dan evaluasi pembelajaran project based learning dengan peer tutoring system pada mata pelajaran fikih.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif jenis deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan hasil pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi, yang kemudian menganalisis data, menggunakan analisis data Milles, Huberman, dan saldana yang terdiri dari pengumpulan data, kondesasi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan yang kemudian hasil analisis disajikan dalam penyajian data dan kesimpulan.

Penelitian ini sampai pada kesimpulan bahwa: (1) Perencanaan pembelajaran project based learning dengan peer tutoring system pada mata pelajaran fikih, Perencanaan pembelajaran yang menjadi tahap awal sebelum melaksanakan pembelajaran fikih di kelas. Dimana dalam perencanaan pembelajaran menyiapkan perangkat pembelajaran yang di dalamnya meliputi materi pembelajaran, media pembelajaran, dan model pembelajaran yang akan digunakan. (2) Langkah-langkah pembelajaran project based learning dengan peer tutoring system pada mata pelajaran fikih adalah, membagi kelompok, menjelaskan materi, mencontohkan, merencanakan proyek, kemajuan proyek dan monitoring, Menguji dan menilai hasil untuk evaluasi pembelajaran (3) Evaluasi pembelajaran project based learning dengan peer tutoring system pada mata pelajaran fikih dengan menguji dan menilai hasil proyek yang telah dibuat peserta didik Selanjutnya adalah dengan evaluasi pembelajaran hasil proyek peserta didik, dari proyek yang telah mereka buat sebelumnya. Setiap kelompok diperkenankan untuk melaksanakan presentasi proyeknya di depan kelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Mochammad Fattah Hidayat
Date Deposited: 04 Jul 2024 03:35
Last Modified: 04 Jul 2024 03:35
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35470

Actions (login required)

View Item View Item