Efektivitas Bimbingan Individu Dengan Metode Drill Untuk Meningkatkan Keterampilan Bina Diri Anak Tunagrahita di SLBN Jember

Pramesti, Anggita (2024) Efektivitas Bimbingan Individu Dengan Metode Drill Untuk Meningkatkan Keterampilan Bina Diri Anak Tunagrahita di SLBN Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
Anggita Dona Pramesti_201103030007.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Kata Kunci: Bimbingan Individu Metode drill, Keterampilan Bina Diri,
Anak Tunagrahita
Bimbingan Individu dengan metode drill yakni bimbingan yang berpusat
secara personal atau per individu, sedangkan metode drill ialah metode dengan
pembelajaran secara berulang ulang secara terstruktur untuk mendapatkan hasil
yang baik. Ketrampilan Bina Diri adalah program pembinaan kemandirian agar
seorang bisa untuk melakukan kegiatannya sendiri yang berkenaan dengan
merawat ataupun mengurus diri. Keterampilan bina diri berfokus pada anak
tunagrahita dimana anak tunagrahita belajar untuk mengurus diri, seperti mandi,
berdandan, dan untuk merawat diri seperti berpakaian dan lain sebagainya.
Fokus masalah yang diangkat oleh peneliti yakni, 1. Bagaimana proses
bimbingan individu dengan metode drill dalam meningkatkan keterampilan bina
diri anak tunagrahita? 2. Bagaimana proses bimbingan individu dengan metode
drill dalam meningkatkan keterampilan bina diri anak tunagrahita?
Tujuan dari penelitian ini ialah 1. Untuk mendeskripsikan bagaimana
proses dari bimbingan individu dengan metode drill dalam meningkatkan
keterampilan bina diri anak tunagrahita, 2. Untuk mendeskripsikan bagaimana
hasil dari bimbingan individu dengan metode drill dalam meningkatkan
keterampilan bina diri anak tunagrahita.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Dalam
penelitian ini peneliti mengumpulkan data dengan dengan menggunakan tekhnik
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam analisis data peneliti
menggunakan kondensasi data, penyajian data atau data display, serta penarikan
kesimpulan. Sedangkan untuk menguji keabsahan peneliti menggunakan
triangulasi tekhnik dan triangulasi sumber.
Berdasarkan hasil dari penelitian ini, ditemukan bahwa proses dari
bimbingan individu dengan metode drill dalam meningkatkan keterampilan bina
diri anak tunagrahita ada tiga tahapan dengan pelatihan dua sampai empat kali
dalam seminggu, tahapannya yaitu, 1. Tahap perkenalan atau peragaan (Asosiasi),
2. Tahap pelaksanaan (Aplikasi) , dan yang 3. Tahap motivasi dan yang terakhir 4.
Tahap Evaluasi. Hasil yang didapatkan dari tiga tahap tadi ialah, 1. Pada minggu
pertama mereka akan belajar untuk mengikuti, 2. Minggu kedua mereka sudah
bisa mengikuti kegiatan program bina dirinya dengan sedikit bantuan, 3. Minggu
ketiga mereka sudah mulai terbiasa untuk menjalankan program kemandiriannya
baik disekolah maupun dirumah. Dengan ini bimbingan individu dengan metode
drill dalam meningkatkan keterampilan bina diri anak tunagrahita dianggap cukup
efektif untuk pelaksanannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1799 Other Psychology and Cognitive Sciences > 179999 Psychology and Cognitive Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Pramesti Anggita Dona
Date Deposited: 03 Jul 2024 07:34
Last Modified: 03 Jul 2024 07:34
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35485

Actions (login required)

View Item View Item