Efektifitas pengembangan media Ular Tangga berbantuan Flashcard dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Adh Dhuha Jember Tahun Pelajaran 2023/2024

Karimah, Nabila Farihatul (2024) Efektifitas pengembangan media Ular Tangga berbantuan Flashcard dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Adh Dhuha Jember Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text (SK-102-PAI-2024)
Nabila Farihatul Karimah-202101010059.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Media pembelajaran merupakan salah satu komponen dalam proses pembelajaran sebagai alat atau benda yang digunakan untuk menyampaikan informasi. Selain itu, adanya media tersebut sangat baik untuk membangun keaktifan komunikasi guru dan siswa. Namun, fakta yang ada guru hanya menggunakan buku paket saja membuat pembelajaran terkesan monoton dan dan kurang menarik minat siswa. Seperti pada kelas VIII SMP Adh Dhuha Jember mayoritas siswanya aktif dan komunikatif dalam proses pembelajaran sehingga dapat membuat dan menggunakan media yang didapat menjadi sarana dalam keterlibatan siswa di sekolah. Supaya pembelajaran lebih kreatif, inovatif, dan mewujudkan siswa dalam memahami materi.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) 1. Mengetahui keefektifitasan media ular tangga berbantuan flashcard dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Adh dhuha Jember Tahun Pelajaran 2023/2024. 2) Menghasilkan produk berupa media pembelajaran ular tangga pada pembelajaran pendidikan agama Islam.
Bentuk penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian dan pengembangan (research and development) karena penelitian tersebut untuk menghasilkan sebuah produk media. Metode penelitian dan pengembangan ini mengadopsi dari model pengembangan ADDIE (Analize, Design, Develop, Implement, Evaluate). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Tingkat kevalidan media pembelajaran yang dikembangkan masuk pada kategori valid dengan nilai rata-rata keseluruhan ketiga validator sebesar 95,3%. Adapun rincian nilai dari masing-masing validasi ahli adalah ahli materi memperoleh nilai sebesar 95% dengan kategori valid, ahli media memperoleh nilai sebesar 95% dengan kategori valid, dan validasi pembelajaran memperoleh nilai sebesar 96% dengan kategori valid. 2) Persentase respon siswa 98,27% sehingga media pembelajaran permainan ular tangga berbantuan flashcard dapat dikategorikan sangat positif dan dapat diimplementasikan dalam proses pembelajaran di dalam kelas maupun diluar kelas. 3) Uji Keterlibatan siswa dalam menggunakan media pembelajaran dalam permainan ular tangga berbantu flashcard diketahui dari ketuntasan hasil belajar siswa dengan menggunakan soal harian dan pertanyaan dalam permainan ular tangga berbantu flashcard. Pada tahap ulangan harian siswa memperoleh skor 95%. Media pembelajaran ular tangga berbantuan flash card juga dapat dikembangkan kembali menjadi lebih variatif dan inovatif sesuai dengan kebutuhan kelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nabila Farihatul Karimah
Date Deposited: 04 Jul 2024 01:33
Last Modified: 08 Jul 2024 08:17
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35491

Actions (login required)

View Item View Item