Pernikahan Sakinah dalam Tafsir Lisan Ustadz Adi Hidayat Analisis Wacana Kognisi Sosial Perspektif Teun A Van Dijk

Kharrommain, Jihan Nabila (2024) Pernikahan Sakinah dalam Tafsir Lisan Ustadz Adi Hidayat Analisis Wacana Kognisi Sosial Perspektif Teun A Van Dijk. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
fix jihan WM.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Jihan Nabila Kharrommain,2024: Pernikahan Sakinah Dalam Tafsir Lisan Ustadz Adi Hidayat Analisis Wacana Kognisi Sosial Perspektif Teun A Van Dijk.

Kata Kunci: Pernikahan Sakinah, Ustadz Adi Hidayat, Teun A Van Dijk
Penelitian ini merupakan penelitian tafsir lisan dengan mengangkat tema pernikahan Sakinah oleh Ustadz Adi Hidayat dengan menggunakan analisis wacana kognisi sosial perspektif Teun A Van Dijk. Fokus penelitian, a).Bagaimana penafsiran Ustadz Adi Hidayat terhadap konsep pernikahan sakinah dalam al-Qur’an?; b).Bagaimana penafsiran Ustadz Adi Hidayat dalam menjelaskan ayat Al-Qur’an pernikahan sakinah jika dianalisis menggunakan wacana kognisi sosial Teun A Van Dijk? Tujuan penelitian, a). Untuk mengetahui penafsiran Ustadz Adi Hidayat terhadap konsep pernikahan sakinah dalam al-Qur’an; b). Untuk mengetahui penafsiran Ustadz Adi Hidayat dalam menjelaskan ayat Al-Qur’an pernikahan sakinah jika dianalisis menggunakan wacana kognisi sosial Teun A Van Dijk. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan etnografi. Sumber Data dalam hal ini adalah primer dan sekunder yang meliputi Al-Qur’an, sunnah, kanal Youtube Ustadz Adi Hidayat, dan referensi seputar analisis wacana kognisi Teun A Van Dijk. Tehnik pengumpulan data adalah dengan cara mengumpulkan data seleksi dan klasifikasi kemudian interpretasi. Tehnik analisis data yang digunakan adalah Miles Huberman. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber.
Hasil pembahasan Ustadz Adi Hidayat dalam perspektif mengenai pernikahan sakinah menginterpretasikan ayat al-Qur’an pada surat Ar Rum: 21 dengan memaknai bahwa yang dimaksud sakinah adalah ketegakan rumah tangga sebab telah melalui prahara rumah tangga. Adapun cara menggapainya menurut Ustadz Adi Hidayat adalah a). Membangun visi menikah untuk ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah; b). Dilarang Mewariskan Sikap Buruk; c). Minta Ridha, Maaf, dan Doa dari Kedua Orang Tua; d). Memenuhi hak masing-masing pasangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Ms Jihan Nabila Kharrommain
Date Deposited: 04 Jul 2024 08:26
Last Modified: 04 Jul 2024 08:26
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35493

Actions (login required)

View Item View Item