“Problematika Pelaksanaan Akad Mudharabah Dalam Perjanjian Asuransi Studi Kasus Di PT Asuransi Jiwa Syariah Al-Amin Jember”

Habibi, Ahmad (2024) “Problematika Pelaksanaan Akad Mudharabah Dalam Perjanjian Asuransi Studi Kasus Di PT Asuransi Jiwa Syariah Al-Amin Jember”. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-008-HES-2024)
SKRIPSI AHMAD HABIBI watermark.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

Ahmad Habibi, 2024: “Problematika Pelaksanaan Akad Mudharabah Dalam Perjanjian Asuransi Studi Kasus Di PT Asuransi Jiwa Syariah Al-Amin Jember”

Kata Kunci : Problematika, Pelaksanaan, Akad Mudharabah, Perjanjian Asuransi.

Penelitian ini mentitik fokuskan kepada :1) Bagaimana Pelaksanaan Sistem Akad Mudharabah Pada Asuransi Jiwa Syariah di PT Asuransi Jiwa Syariah Al Amin Jember? 2) Bagaimana Problematika Pelaksanaan Akad Mudharabah di PT Asuransi Jiwa Syariah Al Amin Jember?. 3 Apakah pelaksanaan Akad Mudharabah di PT Asuransi Jiwa Syariah Al Amin Jember telah sesuai dengan Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah?. Jenis penelitian merupakan penelitian hukum empiris dan peneletian ini menggunakan pendekatan Kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan 1). bahwa pertama, bahwa pelaksanaan sistem akad mudharabah pada asuransi jiwa di PT asuransi jiwa Syariah al-amin Jember mengunakan akad tabbaru dan akad tijarah. Akad tijarah dibedakan menjadi tiga yaitu: akad mudharbah, akad wakalah bil ujrah, serta akad mudharabah mustarakah. 2). Bahwa kendala pertama kurangnya kesadaran dan pemahaman nasabah akan sebuah manfaat dan pentingnya perlindungan asuransi jiwa, kendala kedua merupakan faktor ekonomi sangat mempengaruhi dalam penggunaan asuransi jiwa dan faktor terakhir yaitu perihal regulasi dan kebijakan. Dari ketiga faktor diatas, akhirnya bias pada sisi kelembagaan dalam pelaksanaan pemenuhan anggota untuk berkenan bergabung sebagai nasabah asuransi jiwa pada PT. Asuransi Jiwa Syariah Al-amin Jember. 3). Pelaksanaan akad mudharabah telah sesuai dengan Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah hal tersebut terimpelementasi dalam penawaran produk yang ditawarkan kepada calon anggota dan direspon secara positif kemudian disikapi dengan saling mengikatkan diri antara kedua belah pihak dalam perjanjian sebagaimana klausul dalam Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Ahmad Ahmad Habibi
Date Deposited: 03 Jul 2024 08:18
Last Modified: 03 Jul 2024 08:18
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35495

Actions (login required)

View Item View Item