PENGARUH AGAMA, PRODUK, DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH DALAM PENGGUNAAN JASA BANK SYARIAH INDONESIA PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM UIN KHAS JEMBER

Putri Wicaksono, Anisa Septiana (2024) PENGARUH AGAMA, PRODUK, DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH DALAM PENGGUNAAN JASA BANK SYARIAH INDONESIA PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM UIN KHAS JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text (SK-083-PS-2024)
Anisa SeptianaPutri Wicaksono_204105010100.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Bank syariah, adalah lembaga keuangan yang tidak mengandalkan bunga
atau perbankan yang operasional dan produknya dikembangkan berlandaskan Al-
Qur’an dan Hadist Nabi SAW atau dengan kata lain, Bank syariah adalah lembaga
keuangan yang usaha pokoknya memberikan pembiayaan dan jasa-jasa yang
pengopersiannya disesuaikan dengan prinsip syariat islam.
Maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1 Apakah agama
berpengaruh signifikan terhadap keputusan mahasiswa fakultas ekonomi bisnis dan
islam UIN KHAS Jemeber dalam penggunaan jasa bank syariah secara parsial
?2Apakah produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan mahasiswa
fakultas ekonomi bisnis dan islam UIN KHAS Jemeber dalam penggunaan jasa
bank syariah secara parsial ?3Apakah pelayanan berpengaruh signifikan terhadap
keputusan mahasiswa fakultas ekonomi bisnis dan islam UIN KHAS Jemeber
dalam penggunaan jasa bank syariah secara parsial ?4 Apakah agama, produk, dan
pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan mahasiswa fakultas
ekonomi bisnis dan islam UIN KHAS Jemeber dalam penggunaan jasa bank
syariah secara simultan?
Penelitian ini bertujuan 1. Ingin mengetahui pengaruh agama terhadap
keputusan mahasiswa fakultas ekonomi bisnis dan islam UIN KHAS Jemeber
dalam penggunaan jasa bank syariah secara parsial 2Ingin mengetahui pengaruh
produk terhadap keputusan mahasiswa fakultas ekonomi bisnis dan islam UIN
KHAS Jemeber dalam penggunaan jasa bank syariah secara parsial 3Ingin
mengetahui pengaruh pelayanan terhadap keputusan mahasiswa fakultas
ekonomi bisnis dan islam UIN KHAS Jemeber dalam penggunaan jasa bank
syariah secara parsial 4 Ingin mengetahui pengaruh agama, produk, dan
pelayanan terhadap keputusan mahasiswa fakultas ekonomi bisnis dan islam UIN
KHAS Jemeber dalam penggunaan jasa bank syariah secara simultan
Metode penelitian dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Teknik
pengumpulan data dengan menyebar kuesioner. Jemlah sampel sebanyak 100
responden. Analisis data yang digunakan uji instrumen data, uji asumsi klasik, dan
uji hipotesis, serta uji regresi linier berganda.
Hasil penelitian ini membuktikan bahwa agama (X1), produk, (X2)
berpengaruh positif dan signifikan secara parsial sedangkan pelayanan (X3) tidak
berpengaruh positif dan signifikan. Untuk uji simultan membuktikan bahwa
agama, produk, dan pelaynan berpengaruh positif dan signifikan secara bersama.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150203 Financial Institutions (incl. Banking)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150299 Banking, Finance and Investment not elsewhere classified
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Anisa Wicaksono
Date Deposited: 03 Jul 2024 08:58
Last Modified: 03 Jul 2024 08:58
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35511

Actions (login required)

View Item View Item