Manajemen Pembelajaran Siswa Inklusi di Sekolah Dasar Negeri Sukorejo 1 Sukowono Jember

Wasi'ah, Putri Agustin (2024) Manajemen Pembelajaran Siswa Inklusi di Sekolah Dasar Negeri Sukorejo 1 Sukowono Jember. Undergraduate thesis, universitas islam negeri kiai haji achmad siddiq jember.

[img] Text (SK-033-MPI-2024)
WASI'AH PUTRI AGUSTIN 202101030079.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Wasi’ah Putri Agustin, 2024: Manajemen Pembelajaran siswa Inklusi di Sekolah
Dasar Negeri Sukorejo 1 Sukowono Jember
Kata Kunci: Manajemen Pembelajaran, Pendidikan Inklusi, Siswa Berkebutuhan
Khusus, Sekolah Dasar
Program pendidikan inklusi merupakan pendekatan pendidikan yang
mengakomodasi kebutuhan semua siswa, termasuk siswa dengan kebutuhan
khusus, dalam lingkungan pendidikan yang sama. Manajemen pembelajaran siswa
inklusi ini tentunya akan berbeda dengan manajemen pembelajaran siswa reguler
pada umumnya.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) bagaimana perencanaan
pembelajaran siswa inklusi di SDN Sukorejo 1 Sukowono Jember? 2) bagaimana
pelaksanaan pembelajaran siswa inklusi di SDN Sukorejo 1 Sukowono Jember? 3)
bagaimana evaluasi pembelajaran siswa inklusi di SDN Sukorejo 1 Sukowono
Jember?
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran
siswa inklusi di SDN Sukorejo 1 Sukowono Jember, kedua untuk mendeskripsikan
pelaksanaan pembelajaran siswa inklusi di SDN Sukorejo 1 Sukowono Jember,
ketiga untuk mendeskripsikan evaluasi pembelajaran siswa inklusi di SDN
Sukorejo 1 Sukowono Jember.
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan
jenis penelitian field reserch. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan Kondensasi data,
penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan
triangulasi sumber dan triangulasi tekhnik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) perencanaan pembelajaran siswa
inklusi di SDN Sukorejo 1 Sukowono Jember, dimulai dengan rapat pada awal
semester dengan semua guru, selanjutnya GPK memahami karakteristik semua
siswa inklusi, membangun kedekatan dengan siswa inklusi, menyusun perangkat
pembelajaran sesuai dengan karakteristik siswa inklusi. 2) pelaksanaan
pembelajaran siswa inklusi di SDN Sukorejo 1 Sukowono Jember yaitu, guru
memberikan metode pembelajaran yang sesuai, guru menggunakan medi
pembelajarn yang bervariasi, guru mrlakukan pemantauan kemajuan belajar siswa
setiap hari. 3) evaluasi pembelajaran siswa inklusi yaitu, GPK mengumpulkan data
ketuntasan belajar siswa selama 1 semester, GPK melaporkan hasil pembelajaran
siswa kepada orang tua, kepala sekolah mengadakan evaluasi mengenai pencapaian
dan ketuntasan belajar siswa.
penelitian ini juga menemukan beberapa tantangan yang dihadapi oleh guru
pembimbing khusus, seperti keterbatasan sumber daya, beban kerja yang tinggi,
serta kurangnya pelatihan dan dukungan profesional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Putri Wasi'ah Putri Agustin Wasi'ah Putri Agustin
Date Deposited: 03 Jul 2024 07:57
Last Modified: 08 Jul 2024 06:22
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35514

Actions (login required)

View Item View Item