Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Pembinaan Sumber Daya Manusia Di Madrasah Aliyah KH Abdul Wahid Hasyim Bangil Pasuruan

Munfaati, Lailil (2024) Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Pembinaan Sumber Daya Manusia Di Madrasah Aliyah KH Abdul Wahid Hasyim Bangil Pasuruan. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-054-PBA-2024)
Skripsi Lailil Munfaati T20193071 Watermark.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Lailil Munfaati, 2024: Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Pembinaan
Sumber Daya Manusia di Madrasah Aliyah KH Abdul Wahid Hasytim Bangil
Pasuruan.
Kata Kunci: Kepemimpinan, Kepala Madrasah, Pembinaan, Sumber Daya
Manusia.
Kepemimpinan kepala madrasah memiliki peran yang sangat penting dalam
membina dan mengembangkan sumber daya manusia serta kinerja guru dan tenaga
kependidikan agar tercapainya suatu tujuan dalam madrasah. Kepala madrasah
memiliki tanggung jawab untuk mengarahkan para guru dan tenaga kependidikan
dalam pelaksanaan tugasnya. Kepala madrasah juga selalu memngupayakan berbagai
bentuk dorongan atau motivasi guna mengembangkan potensi dan membangun
semangat para guru dan tenaga kependidikan melalui berbagai bentuk apresiasi/
kegiatan untuk pengembangan diri.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana gaya
kepemimpinan kepala madrasah dalam berkomunikasi dan memimpin guru dan
tenaga kependidikan di Madrasah Aliyah KH Abdul Wahid Hasyim Bangil
Pasuruan? 2) Bagaimana bentuk upaya motivasi kepala madrasah terhadap guru dan
tenaga kependidikan di Madrasah Aliyah KH Abdul Wahid Hasyim Bangil
Pasuruan?.
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui gaya kepemimpinan
kepala madrasah dalam berkomunikasi dan memimpin guru dan tenaga kependidikan
di Madrasah Aliyah KH Abdul Wahid Hasyim Bangil Pasuruan. 2) Untuk
mengetahui bentuk upaya motivasi kepala madrasah terhadap guru dan tenaga
kependidikan di Madrasah Aliyah KH Abdul Wahid Hasyim Bangil Pasuruan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif jenis studi kasus
dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara semi terstruktur, observasi
partisipasi pasif dan dokumentasi. Analisis data kualitatif model interaktif
menggunakan teori Milles, Huberman, dan Saldana yang meliputi: langkah-langkah
pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan kesimpulan. Penentuan
subjek penelitian melalui teknik purposive. Keabsahan data berupa triangulasi teknik
dan triangulasi sumber.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Kepala madrasah menerapkan
kepemimpinan yang baik dan patut menjadi teladan bagi para guru dan tenaga
kependidikan. Kepala madrasah telah menyampaikan informasi dengan jelas dan
mudah dipahami oleh guru dan tenaga kependidikan. Kepala madrasah selalu
melibatkan guru dan tenaga kependidikan dalam setiap pengambila keputusan,
dengan mengadakan rapat dan diskusi baik secara kelompok atau individual. 2)
Kepala madrasah telah mengupayakan berbagai cara untuk memotivasi guru dan
tenaga kependidikan melalui bentuk apresisasi berupa sertifikat/ piagam bagi
kategori terbaik setiap bidangnya yang dilaksanakan setiap tahun maupun dua tahun
sekali, seperti penghargaan tenaga pendidik teladan dalam bentuk piagam dan
sertifikat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: lailil Munfaati
Date Deposited: 03 Jul 2024 08:37
Last Modified: 03 Jul 2024 08:37
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35526

Actions (login required)

View Item View Item