Efektivitas modul praktikum pengenalan benda langit berbantuan aplikasi Star Walk 2 pada pembelajaran IPA materi tata surya tingkat SMP

Masfufah, Hamidatul (2024) Efektivitas modul praktikum pengenalan benda langit berbantuan aplikasi Star Walk 2 pada pembelajaran IPA materi tata surya tingkat SMP. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-024-TADRIS-IPA-2024)
Skripsi Midaa 7 Berwatermark 1.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (10MB)

Abstract

Hamidatul Masfufah, 2024: Efektivitas Modul Praktikum Pengenalan Benda Langit Berbantuan Aplikasi Star Walk 2 pada Pembelajaran IPA Materi Tata Surya Tingkat SMP
Kata Kunci: Efektivitas, Modul Praktikum, Benda-Benda Langit, Star Walk 2, Tata Surya
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya siswa yang belum mengetahui nama-nama benda langit, dan tidak bisa membedakan antara bintang dan planet pada materi Tata Surya di SMP Negeri 6 Jember. Faktor yang mempengaruhi ketidaktahuan siswa dalam mengenal benda langit yaitu pembelajaran materi Tata Surya masih dominan menggunakan metode ceramah, diskusi, dan tanya jawab. Selain itu, dalam rangka pengenalan benda langit hanya dilakukan dengan menyebutkan, menjelaskan, dan menayangkan video, tanpa melakukan pengamatan secara langsung. Salah satu alternatif yang diharapkan dapat menjadi solusi adalah dengan menerapkan media pembelajaran yang dapat menarik siswa untuk lebih aktif, mengajak siswa untuk melakukan pengamatan secara langsung, memberikan pengetahuan dan pengalaman baru untuk siswa sehingga siswa lebih mudah dalam memahami materi pembelajaran, yaitu dengan menggunakan modul praktikum pengenalan benda langit berbantuan aplikasi Star Walk 2 sebagai media untuk melakukan pengamatan benda-benda langit.
Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah: Bagaimanakah efektivitas modul praktikum pengenalan benda langit berbantuan aplikasi Star Walk 2 pada pembelajaran IPA materi Tata Surya Tingkat SMP. Tujuan penelitian yang dilakukan oleh peneliti yaitu untuk mengetahui efektivitas modul praktikum pengenalan benda langit berbantuan aplikasi Star Walk 2 pada pembelajaran IPA materi Tata Surya Tingkat SMP.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain pra eksperimental dan model desain One Shot Case Study. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VII sebanyak 240 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling yaitu kelas VII A sebanyak 6 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan penilaian kinerja, observasi, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis lembar penilaian kinerja.
Berdasarkan hasil penilaian kinerja siswa diperoleh nilai rata-rata 95,6% dengan kriteria sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa modul praktikum pengenalan benda langit berbantuan aplikasi Star Walk 2 efektif dalam pembelajaran IPA materi Tata Surya. Hal ini juga dapat dilihat dari hasil wawancara siswa yang mengatakan siswa lebih aktif, lebih paham dan pembelajaran lebih menarik dengan menggunakan modul praktikum berbantuan aplikasi Star Walk 2.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 02 PHYSICAL SCIENCES > 0201 Astronomical and Space Sciences > 020110 Stellar Astronomy and Planetary Systems
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Ms Hamidatul Masfufah
Date Deposited: 03 Jul 2024 07:26
Last Modified: 09 Jul 2024 00:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35529

Actions (login required)

View Item View Item