Pengembangan media pembelajaran leaflet berbasis potensi lokal pada materi klasifikasi tumbuhan kelas VII smpn 2 yosowilangun lumajang

Jannah, Alfina (2024) Pengembangan media pembelajaran leaflet berbasis potensi lokal pada materi klasifikasi tumbuhan kelas VII smpn 2 yosowilangun lumajang. Undergraduate thesis, Universitas islam negeri kiai haji achmad siddiq jember.

[img] Text (SK-039-TADRIS-IPA-2024)
ALVINA skripsi watrmark fix.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Kata Kunci : Pembelajaran, Potensi Lokal, Leaflet, Tumbuhan.
Leaflet dengan materi klasifikasi tumbuhan merupakan pengembangan dari bahan ajar leaflet yang bernuansa keipaan, mengandung materi pembelajaran, dilengkapi dengan gambar/foto dari tanaman potensi dari Pantai Mbah Drajid. Berdasarkan analisis kebutuhan terhadap siswa, siswa lebih menyenangi bahan ajar baru yang berbentuk ringkas, memiliki sedikit teks serta bergambar, namun pada kenyataanya guru hanya menggunakan bahan ajar LKS dan belum pernah mengaitkan materi dengan potensi lokal di Pantai Mbah drajid Yosowilangun Lumajang. Oleh karenanya, perlu pengembangan leaflet berbasis potensi lokal Pantai Mbah Drajid Yosowilangun pada materi klasifikasi tumbuhan untuk siswa kelas VII SMPN 2 Yosowilangun.
Tujuan pada penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan validitas pengembangan media pembelajaran leaflet pada materi klasifikasi tumbuhan untuk peserta didik kelas VII SMP/MTs. 2) Untuk mendeskripsikan respons peserta didik terhadap pengembangan media pembelajaran leaflet pada materi klasifikasi tumbuhan untuk peserta didik kelasVII SMP/MTs.
Peneletian ini menggunakan Penelitian Research and development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation). Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket untuk menilai validitas dan respon peserta didik terhadap lembar kerja. Analisis data menggunakan data kuantitatif dan kualitatif yang diperoleh dari validasi ahli dan respon peserta didik.
Hasil dari penelitian dan pengembangan ini mendapatkan persentase dari ahli diantaranya: 1) Ahli media sebesar 84,4%, ahli materi sebesar 80%, dan ahli pengguna (Guru IPA) sebesar 100% . Artinya pengembangan media pembelajaran leaflet berbasis potensi lokal pada materi klasifikasi tumbuhan dinyatakan sangat valid digunakan dalam pembelajaran. 2) Hasil uji coba pada 6 peserta didik sebagai uji coba skala kecil diperoleh presentase sebesar 94,04% dan uji coba skala besar pada 25 peserta didik di peroleh presentase sebesar86,70%. Artinya pengembangan media pembelajaran leaflet berbasis potensi lokal pada materi klasifikasi tumbuhan menarik digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0603 Evolutionary Biology > 060310 Plant Systematics and Taxonomy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200104 Media Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Alfina Fitriyatun nur Jannah
Date Deposited: 04 Jul 2024 02:31
Last Modified: 04 Jul 2024 02:31
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35530

Actions (login required)

View Item View Item